PDIP Urung Gunakan GBK Justru Dipakai Relawan Jokowi, Hasto Kristiyanto Buka Suara

Sekretaris Jendral PDI Perjuangan Hasto Kristianto menyindir acara relawan Jokowi yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Sabtu (26/11) lalu lantaran ada larangan penggunaan stadion di kawasan Senayan Jakarta itu untuk kegiatan di luar kegiatan FIFA oleh pemerintah RI.

“Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) sendiri kan sudah mengeluarkan larangan agar GBK tak dipakai acara-acara di luar yang dipersiapkan FIFA,” kata Hasto dalam wawancara bersama CNNIndonesia TV, Selasa (29/11) kemarin.

Melihat adanya larangan itu, Hasto turut menyinggung pihaknya sampai membatalkan menggelar perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-50 PDIP di stadion tersebut.

Sehingga, diputuskan untuk digeser ke tempat lain.

“Maka PDIP taat asas kami pindahkan acara itu acara HUT PDIP ke Kemayoran,” kata dia.

Di sisi lain, Hasto menilai acara relawan di GBK pada Sabtu lalu sekadar ajang mobilisasi massa. Ia mengklaim ajang mengumpulkan massa bukan gaya politik Presiden Joko Widodo.

Bukan Relawan yang Dukung Jokowi Sejak Pilgub Jakarta
Ia mengatakan relawan sudah seharusnya sejalan dengan gaya politik Jokowi yang diklaimnya mau untuk turun ke rakyat ketimbang jadi ajang mobilisasi.

“Kami sarankan relawan senafas dengan kepemimpinan Jokowi yang turun ke bawah. Jangan disalahgunakan kepentingan tertentu,” kata dia.

Tak hanya itu, Hasto mengatakan acara di GBK digelar pada momen tak tepat. Terlebih, Ia menyorot para relawan Jokowi yang telah berjuang sejak kontestasi Pilgub DKI Jakarta 2012 lalu juga tak hadir di acara tersebut.

“Ditinjau dari relawan yang hadir kan, mereka yang berjuang sejak pak Jokowi jadi gubernur kan enggak tampak di acara tersebut,” kata dia.

“Yang kami kritik kan momentumnya kurang tepat, kemudian ada pelarangan. Saatnya kita narasikan keberhasilan Pak Jokowi untuk rakyat, itu yang harus dilakukan relawan,” tambahnya.

Sebelumnya, Menpora RI Zainudin Amali menyatakan GBK Senayan, Jakarta tidak boleh dipakai jika sudah masuk tahap renovasi hingga selesai Piala Dunia U-20 2023.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei hingga 11 Juni tahun depan. Stadion GBK menjadi salah satu venue resmi Piala Dunia U-20 2023 mendatang.(Sumber)