News  

Sejumlah Menteri Ditendang, Andika Masuk Kabinet, Pengamat: Jokowi Marah Nasdem Dukung Anies

Andika Perkasa berpotensi masuk kabinet Jokowi-Maruf Amin setelah meninggalkan kursi Panglima TNI. Jenderal bertubuh kekar itu akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komaruddin mengatakan, Andika mungkin saja ditarik jadi menteri. Hal itu merujuk pada perjalanan eks Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Setelah pensiun pada November 2022, Hadi memang tidak langsung dipanggil Jokowi untuk menduduki kursi menteri. Dia ditugaskan untuk menjadi Komandan Mandalika.

Maksudnya, Jokowi memerintahkan Hadi untuk menjadi Komandan Lapangan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022.

 

“Memang pada reshuffle sebelumnya Pak Hadi belum mendapatkan menteri. Dia ditugaskan khusus untuk ngurus Mandalika. Tapi pada reshuffle berikutnya dia dapatlah kursi menteri itu,” kata Ujang dikutip dari Suara.com, Senin (5/12/2022).

Ujang tidak menutup kemungkinan kalau Andika akan diperlakukan sama seperti Hadi. Momen perombakan kabinet atau reshuffle menjadi waktu yang dinanti untuk melihat apakah Jokowi bakal menarik Andika ke jajaran menteri.

Ia juga melihat potensi lainnya di mana Andika disiapkan untuk mengisi kursi menteri yang diisi dari Partai Nasional Demokrat atau NasDem. Seperti yang menjadi isu sebelumnya bahwa tiga menteri NasDem akan direshuffle seraya adanya keputusan partai tersebut untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden atau capres 2024.

Dasar pengetahuan yang sejalan dengan tupoksi menteri juga menurut Ujang tidak begitu diperhatikan oleh Jokowi. Semisal saja Hadi yang tidak memiliki latar belakang soal pertahanan namun diminta untuk menjadi Menteri ATR/BPN.

“Mungkin-mungkin saja. Karena hari ini kan keliatannya Jokowi marah, Jokowi ke Nasdem itu sebal karena mencapreskan Anies ya kalau sudah marah kan biasanya orang Jawa begitu, bisa melakukan apapun termasuk bisa melakukan reshuffle.”(Sumber)