News  

Jarak Pandang Rendah Karena Kabut, 200 Mobil Kecelakaan Beruntun 1 Orang Tewas

Satu orang meninggal dalam kecelakaan beruntun di jalan raya yang melibatkan sekitar 200 kendaraan di kota Zhengzhou, China tengah.

Menurut media pemerintah CCTV pada Rabu (28/12/2022), gambar udara menunjukkan mobil penumpang, van dan truk – banyak di antaranya telah menabrak satu sama lain – menumpuk di satu bagian jalan raya dalam kabut tebal.

Rekaman dimulai dengan sebuah truk boks yang menabrak bagian belakang kendaraan lain, mendorong mobil yang rusak di sekitar saat sirene terdengar meraung di latar belakang.

Video yang diambil dari tempat kejadian juga menunjukkan mobil, van, dan SUV menghadap ke segala arah setelah saling bertabrakan, banyak dengan kap depan dan jendela yang rusak.

Video viral lainnya yang di-posting online menunjukkan sisa-sisa beberapa kendaraan yang hancur akibat menabrak kendaraan lain.

Media pemerintah melaporkan kecelakaan itu terjadi karena jarak pandang yang rendah dari kabut.

“Pada Rabu (28/12/2022) pagi, kabut tiba-tiba menumpuk di Jembatan Sungai Kuning di Zhengzhou, yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan tabrakan beberapa kendaraan,” kata CCTV mengutip pihak berwenang Zhengzhou.

Banyak korban luka terjebak di dalam kendaraan mereka. Departemen pemadam kebakaran mengirim 11 truk pemadam kebakaran dan 66 petugas pemadam kebakaran untuk membantu.

“Ini terlalu menakutkan. Penuh dengan orang di sini, saya rasa kita tidak bisa turun dari jembatan,” terang salah satu orang dalam satu klip video.

Layanan meteorologi mengatakan visibilitas di banyak daerah kurang dari 500 meter pada Rabu (28/12/2022) pagi dan terkadang turun hingga 200 meter.

Kecelakaan lalu lintas sering terjadi di China karena kurangnya kontrol keselamatan yang ketat. Pada September lalu, 27 penumpang meninggal setelah sebuah bus yang membawa mereka ke fasilitas karantina Covid-19 di provinsi Guizhou terbalik di jalan raya.(Sumber)