Ferrari dan Red Bull Racing Harus Waspada, Mercedes Bakal Penuh Kejutan di F1 2023

Tampaknya Scuderia Ferrari dan Red Bull Racing harus waspada dengan mobil terbaru Mercedes AMG Petronas untuk Formula One (F1) 2023.

Sebab menurut pemaparan Prinsipal Tim Mercedes, Toto Wolff, mobil W14 untuk musim depan akan penuh kejutan dan berbeda jauh ketimbang edisi musim 2022.

Sama seperti tim pabrikan lainnya, Mercedes saat ini tengah meracik mobil balapnya untuk F1 2023. Tim berjuluk Silver Arrow itu cukup serius melakukan pengembangan Mercedes W14, mengingat performa mereka cukup buruk di F1 2022.

Wolff pun memberikan bocoran sedikit mengenai Mercedes W14 yang akan digunakan pada F1 2023. Pria asal Austria ini mengungkapkan bahwa mobil tersebut akan penuh dengan kejutan dan benar-benar berbeda seperti W13 yang mereka pakai musim lalu.

“Ini penuh kejutan. Terakhir kali saya melihatnya, saya berpikir ‘oh ini terlihat sama seperti W13’, tapi saya berharap ini tidak sama,” kata Wolff, dilansir dari Planet F1, Selasa (3/1/2023).

“Saya sama seperti dengan Anda, saya pergi ke terowongan angin dan terlihat seperti mobil tahun ini tetapi mereka mengatakan kepada saya bahwa di bawahnya sangat berbeda,” lanjutnya.

Wolff membeberkan bahwa tim pabrikan asal Jerman itu melakukan perombakan pada detail-detail pentingnya. Namun, dia menyebut kalau tidak ada perubahan yang signifikan pada body mobil.

ni tentang aliran udara, tentang distribusi bobot, tentang peta aero,” sambung Wolff.

“Mobil kami secara fundamental berubah pertengahan tahun. Kami mengubah konsepnya tapi kami tidak bisa melihat apapun pada bodywork,” imbuh Wolff.

Lewis Hamilton

Tentu saja diharapkan mobil Mercedes W14 ini bisa menjadi titik bangkit mereka setelah mengalami pasang surut di musim 2022.

Dengan begitu, dua pembalap andalan mereka, yakni Lewis Hamilton dan George Russell bisa bersaing dalam perebutan gelar juara di F1 2023.(Sumber)