News  

Wow! Sri Mulyani Ungkap PNS Habiskan Rp.37,8 Triliun Untuk Perjalanan Dinas 2022

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, realisasi perjalanan dinas para Pegawai Negeri Sipil (PNS) mencapai Rp 37,8 triliun tahun lalu. Hal tersebut imbas pelonggaran aktivitas masyarakat.

Secara rinci, realisasi perjalanan dinas pemerintah di tahun lalu naik hingga Rp 10,5 triliun menjadi Rp 37,8 triliun jika dibandingkan dengan realisasi di tahun 2021 yang tercatat Rp 27,3 triliun.

Realisasi sementara 2022, perjalanan dinas tercatat sebesar Rp 38,7 triliun,” tulis Sri Mulyani dalam paparan APBN KiTa, Selasa (3/1).

Berdasarkan catatan kumparan, kebijakan protokol COVID-19 di Indonesia pada tahun 2022 memang sudah mengalami pelonggaran. Bahkan, pada akhir Desember, Presiden Jokowi mencabut status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh kabupaten/kota.

Pencabutan itu berdasarkan data-data kasus COVID-19 di Indonesia yang sudah menunjukkan penurunan baik kasus aktif maupun kematian di bawah standar WHO.

“Per 27 Desember 2022 kasus harian 1,7 kasus per 1 juta penduduk, positivity rate mingguan 3,35 persen, tingkat perawatan RS atau BOR berada di angka 4,79 persen dan angka kematian di angka 2,39 persen. Ini semuanya berada di bawah standar WHO,” beber Jokowi yang didampingi Menkes Budi Gunadi dan Mendagri Tito Karnavian ini.

Begitu juga penerapan PPKM level 1 yang membatasi kerumunan, dinilai pemerintah sudah bisa dilonggarkan karena berada di tingkat rendah.(Sumber)