Sanggupkah Marc Marquez dan Fabio Quartararo Hentikan Dominasi Ducati di MotoGP 2023?

PERISKOP 2023 mengenai prediksi MotoGP 2023 akan diulas dalam artikel Okezonekali ini. Francesco Bagnaia sukses meraih gelar juara dunia pada musim lalu dengan mengasapi para pesaingnya seperti Marc Marquez hingga Fabio Quartararo.

Seperti diketahui, persaingan gelar juara dunia musim lalu sangat menarik. Pasalnya, gelar tersebut harus ditentukan hingga seri terakhir di MotoGP Valencia 2022.

Francesco Bagnaia

Pada akhirnya, Francesco Bagnaia yang menjadi andalan Ducati sukses mengalahkan Fabio Quartararo yang mana merupakan pesaing terdekatnya dalam meraih gelar juara. Terlebih, Quartararo pada musim lalu berstatus sebagai juara bertahan.

Kini, para pembalap tengah menjalani masa libur. Mereka akan memulai gelaran MotoGP 2023 pada 23 Maret mendatang dengan Portugal yang menjadi tuan rumah di seri pembuka.

Sama seperti musim lalu, MotoGP 2023 mendatang masih memiliki jumlah seri kejuaraan sebanyak 21. Dalam musim 2023, Marc Marquez hingga Fabio Quartararo diyakini bakal sanggup menghentikan dominasi Ducati.

MotoGP

Meski begitu, Ducati memiliki skuad yang sangat apik untuk kembali menunjukkan dominasinya di MotoGP 2023. Mereka tetap akan menurunkan delapan motor dan menjadi yang terbanyak ketimbang tim-tim lainnya.

Tentunya, hal tersebut menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi Ducati. Terlebih mereka memiliki pembalap-pembalap yang membela Ducati memiliki kapasitas untuk bersaing dalam perebutan gelar juara.

Francesco Bagnaia diprediksi bakal menjadi kandidat kuat dalam meraih gelar juara dunia di MotoGP 2023. Namun, Pecco -sapaan akrab Bagnaia- juga harus mewaspadai beberapa pembalap Ducati lain seperti Enea Bastianini, Jorge Martin, Johann Zarco, hingga Marco Bezzecchi.

 

Bagaimana dengan pembalap-pembalap dari tim lain? Tentunya mereka bakal berjuang mati-matian demi bisa mematahkan dominasi tim yang bermarkas di Borgo Panigale, Italia itu. Sebut saja Marc Marquez (Repsol Honda), The Baby Alien -julukan Marc Marquez- bisa saja menjadi kompetitor pertama Ducati dalam meraih gelar juara dunia.

Hal itu dapat terjadi apabila Marquez berada dalam kondisi 100 persen fit dari cedera yang dialaminya. Selain itu, The Baby Alien juga akan melejit jika motor RCV213 yang bakal ia gunakan pada musim depan memiliki performa mumpuni.

 

Marc Marquez

Lantas, siapa nama pembalap kedua yang diprediksi bisa hentikan dominasi Ducati? Ya, Fabio Quartararo. Quartararo yang sempat menjadi pesaing terberat Ducati di MotoGP 2022 lalu dianggap bakal kembali menunjukkan tajinya.

Terlebih, pembalap asal Prancis itu juga terus meminta Yamaha untuk mengembangkan motor YMZ-M1 dalam segi top speed demi bisa bersaing ketat dengan Ducati. Kendati begitu, ia diyakini tetap bakal berjuang sendirian seperti musim lalu, hal itu menyusul performa rekan satu timnya yakni Franco Morbidelli yang belum juga membaik.

Apakah ada pembalap Ducati yang bakal menyaingi Francesco Bagnaia? Tentu saja ada. Okezone memprediksi dua nama yang akan menjadi musuh dalam selimut untuk Pecco dalam mempertahankan gelar juara dunianya.

Fabio Quartararo

Mereka adalah Enea Bastianini dan Jorge Martin. Dimulai dari Enea Bastianini, rider berjuluk Bestia itu dianggap bakal menjadi lawan terberat bagi Pecco pada musim depan. Pernyataan tersebut bukanlah tanpa sebab, Bestia sukses memberikan banyak kejutan di musim lalu usai finis di peringkat ketiga klasemen akhir.

Sementara itu, Jorge Martin dari Pramac Ducati juga bisa saja menjadi kuda hitam bagi Pecco dalam mempertahankan gelar juara dunia. Dengan catatan, Martin mampu menjaga performanya agar tetap konsisten demi bisa bersaing saat balapan dan tidak hanya unjuk gigi dalam kualifikasi saja.(Sumber)