Fahd Arafiq: Bergabungnya Ridwan Kamil Perkuat Basis Partai Golkar di Jawa Barat

Keputusan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bergabung dengan Partai Golkar disambut positif oleh berbagai pihak baik internal ataupun ekstrenal institusi partai berlambang beringin ini. Ridwan Kamil dikatakan, menjadi energi baru Partai Golkar dalam persiapan menjelang Pemilu 2024.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Umum DPP Bapera (Barisan Pemuda Nusantara), Fahd El Fouz Arafiq. Khususnya Jawa Barat, Fahd Arafiq menilai bahwa dengan bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar akan menumbuhkan harapan baru bagi kader guna memenangkan partai di Pemilu 2024.

“Ini sebagai energi baru lebih khusus ke Jawa Barat. Saya kira Jawa Barat akan kembali menjadi basisnya Partai Golkar di Pulau Jawa. Kita (Partai Golkar) hampir 2 Pemilu tidak bisa menang di Jawa Barat. Sekarang barangkali momentum yang tepat,” ujar Fahd Arafiq sebagaimana pernyataannya dikutip oleh redaksi Golkarpedia.com pada Jumat, 20/01/2022.

Meski mendapat banyak respons positif, tak sedikit pula pihak yang menilai bahwa bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar terkait dengan hajat Pilpres 2024. Maklum saja, dalam beberapa survei, nama Ridwan Kamil diproyeksikan memiliki elektabilitas cukup tinggi baik sebagai Capres ataupun Cawapres.

Terkait dengan Pilpres 2024, Partai Golkar sendiri sudah menentukan sikap akan tetap mengusung Airlangga Hartarto sebagai Capres. Bahkan elit-elit Partai Golkar menegaskan telah menutup pintu untuk partai atau tokoh lain mengajukan calon presidennya. Ucapan senada juga datang dari Fahd Arafiq, ia berani memastikan bahwa Ridwan Kamil taat fatsun dan tetap ikut keputusan Partai Golkar mencapreskan Airlangga Hartarto.

“Soal pencapresan Pak Airlangga Hartarto sudah disampaikan oleh Pak Ridwan Kamil bahwa beliau akan mensosialisasikan Pak Airlangga Hartarto sebagai Capres secara terang benderang depan media. Jadi saya kira itu tidak perlu jadi polemik lagi. Siapapun yang berada di internal Partai Golkar, wajib dukung Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024,” tegas Ketua DPP Partai Golkar Bidang Ormas dan Kepartaian ini.

Lebih lanjut, Fahd Arafiq berharap keberadaan Ridwan Kamil di Partai Golkar bisa menguatkan basis suara partai di Jawa Barat. Terlebih Ridwan Kamil memiliki posisi strategis sebagai seorang gubernur. Tentu ini akan menjadi nilai lebih bagi Ridwan Kamil untuk dapat meningkatkan suara Partai Golkar di Jabar.

“Harapan saya tentunya setiap Pak Emil turun ke daerah-daerah khususnya di Jawa Barat pada saat menjalankan tugas sebagai Gubernur Jawa Barat bisa menyempatkan sosialisasi, datang silaturahmi ke kantor-kantor Golkar di seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat karena ini akan menambah semangat yang ada di teman-teman kader Golkar Jawa Barat,” pungkas mantan Ketua Umum PP AMPG periode 2014-2016.

Pada 17 Januari 2022, Ridwan Kamil menyambangi Kantor DPP Partai Golkar di Kawasan Slipi, Jakarta. Kedatangannya disambut hangat oleh Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily beserta kader lainnya. Di hari itu pula, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyematkan jas kuning dan memberikan KTA Partai Golkar sebagai simbol bergabungnya Ridwan Kamil ke partai ini. {golkarpedia}