Masuki Ramadhan, Liga 1 2022-2023 Bakal Digelar Malam Hari Tanpa Dihadiri Penonton

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, PT Liga Indonesia Baru (LIB) bakal menggelar pertandingan malam hari lagi, yang mana akan berlangsung pada pukul 20.30 WIB. Kabar baik lainnya, laga-laga Liga1 2022-2023 tersebut pun sudah dapat dihadiri oleh penonton lagi.

Seperti yang diketahui, akhir musim Liga 1 2022-2023 jatuh pada bulan Ramadhan. Pertandingan pada bulan suci Ramadhan dimulai pada 29 Maret 2023, dibuka dengan laga yang mempertemukan Bhayangkara FC vs Rans Nusantara.

Kemudian timbul pertanyaan pukul berapa jadwal kick-off digelar selama bulan suci Ramadhan? Sebab kick-off malam hari akan sangat berisiko, sedangkan menggelar laga di sore hari akan bentrok dengan adzan maghrib alias jam berbuka puasa.

Pertandingan Liga 1 2022-2023

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus mengatakan bahwa jadwal kick-off malam hari yang sempat menuai kritik akan kembali diterapkan pada bulan suci Ramadhan tahun ini. Sebab menurutnya, Liga 1 2022-2023 harus selesai pada bulan April 2023.

“Jadwal keseluruhan di bulan Ramadhan sama seperti tahun lalu di jam 20.30, memang harus tetap jalan sampai hampir satu minggu sebelum Idul Fitri, karena jadwal padat, harus selesai April,” kata Ferry kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Ferry juga mengatakan bahwa laga Liga 1 selama bulan Ramadhan dibolehkan dihadiri penonton. Sebab itu, evaluasi pengamanan pertandingan diharapkan bisa terus maksimal sebelum bulan Ramadhan, agar tidak lagi jatuh korban.

Ferry juga mengatakan bahwa laga Liga 1 selama bulan Ramadhan dibolehkan dihadiri penonton. Sebab itu, evaluasi pengamanan pertandingan diharapkan bisa terus maksimal sebelum bulan Ramadhan, agar tidak lagi jatuh korban.

“Bisa pakai penonton,” tukas eks Direktur Olahraga Persija Jakarta itu.

Ferry Paulus

Sebelumnya, Polri mengadakan Kursus Manajemen Pengamanan Pertandingan bersama dengan para ahli dari Coventry University, Inggris. Kursus tersebut dilaksanakan sejak 25 Januari 2023 hingga 1 Februari 2023, dengan laga Persija Jakarta kontra Tira Persikabo 1973 dijadikan sampel untuk evaluasi.

Diharapkan dengan adanya kursus tersebut, pertandingan yang berlangsung pada malam hari bisa berlangsung nyaman dan tentram. Terlebih para suporter diperbolehkan untuk hadir di stadion selama bulan suci Ramadhan.(Sumber)