News  

Wanita Asal Yogyakarta Ini Terpilih Jadi Walikota Boston, Amerika Serikat

Ajang pemilihan Wali kota di Boston, Amerika Serikat pada Selasa 2 November 2021 menjadi sorotan karena wanita keturunan Asia menjadi kandidat dalam pemilihan itu. Bahkan ia mencetak sejarah dengan kemenangan yang kuat dan diproyeksikan di tiga kota besar.

Michelle Wu, seorang wanita kulit berwarna yang pertama yang dilantik menjadi walikota Boston. Ia merupakan keturunan Asia yakni Taiwan dan setelah dua minggu memenangkan pemilihan wali kota, ia dilantik sebagai wali kota Amerika keturunan Asia pertama yang sebelumnya Boston hanya memilih laki-laki berkulit putih sebagai walikota dan telah menjadi tradisi.

“Pemerintah kota itu istimewa. Kami adalah level yang paling dekat dengan rakyat, jadi kami harus melakukan yang besar dan kecil. Setiap lampu jalan, setiap lubang, setiap taman dan ruang kelas, menjadi dasar untuk perubahan yang lebih besar,”ujar Wu.

“Bagaimana pun Boston dibentuk atas janji revolusioner, bahwa segala sesuatunya tidak harus seperti biasanya. Bahwa sekarang kita dapat memetakan jalan baru bagi keluarga, bagi generasi mendatang, berdasarkan keadilan dan kesempatan,” sambungnya menegaskan.

Dengan pelantikannya sebagai wali kota, Wu akan menghadapi tugas berat yang menjadi fokus kampanye yaitu untuk mencoba membuat proposal kebijakan yang ambisius.

Menurutnya prestasinya yang bisa mencapai tampuk pimpinan tertinggi itu adalah berkat perjuangan keluarganya.

Wanita berusia 36 tahun itu telah memenangkan dari sesama politisi Partai Demokrat, Kim Janey. Sebelumnya Kim Janey yang merupakan perempuan kulit hitam pertama telah pernah menjabat sebagai pelaksana tugas Wali Kota Boston, namun tidak terpilih melalui mekanisme pemilihan wali kota.

Setelah mengklaim kemenangannya dalam pemilihan wali kota Boston, Wu berbicara kepada para pendukungnya;

“Kita siap agar setiap warga Boston mengetahui bahwa kita tidak harus memilih antara perubahan generasi dan menjalankan fungsi kota, antara mengatasi masalah besar dengan solusi berani dan menurut celah-celah lubang kita,” ucapnya.

Upacara pelantikan WU dihadiri oleh tokoh hebat yakni Gubernur Massachusetts Charlie Baker dari Partai Republik, Senator Partai Demokrat Elizabeth Warren dan Edward Markey, serta anggota DPR Ayyana Pressley.(Sumber)