Tekno  

Aplikasi PeduliLindungi Bakal Hilang Dari Ponselmu Akhir Februari 2023 Ini

Aplikasi PeduliLindungi dalam hitungan hari lagi akan menjadi kenangan. Penyebabnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mengubah nama PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile.

Terhitung tanggal 28 Februari 2023, transformasi aplikasi tersebut dilakukan oleh Kemenkes. PeduliLindungi yang acapkali menemani kita saat merebaknya virus Corona (COVID-19) segera lenyap dari HP kalian.

“Kita sedang mentransisi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat, akan kita launching mudah-mudahan 28 Februari,” kata Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, PeduliLindungi sebelumnya jadi andalan Pemerintah Indonesia dalam melakukan pelacakan guna menghentikan penyebaran COVID-19 yang beberapa tahun lalu merajalela.

Pengguna aplikasi ini akan mendapatkan notifikasi jika berada di zona merah, yaitu area yang terdapat di sekitarnya ada yang terinfeksi positif COVID-19 atau pasien dalam pengawasan.

Selain itu, PeduliLindungi membantu petugas dalam proses validasi dokumen kesehatan pengguna saat melakukan perjalanan. Bahkan, PeduliLindungi jadi acuan untuk mengetahui informasi jadwal dan menerima vaksin.

Sebagaimana dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (21/2/2023) Kemenkes menyebutkan bahwa perubahan PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile akan akan membuat aplikasi ini menjadi lebih luas lagi kegunaannya. Setiaji menjelaskan aplikasi dirancang tidak untuk COVID-19 saja, tapi seluruh penyakit juga akan ada di sana.

Salah satunya fitur yang diungkapkan Setiaji di Satu Sehat Mobile, aplikasi saat ini sudah terhubung dengan wearable device, jadi pengguna bisa mendapatkan point saat berjalan kaki, poin tersebut bisa ditukar dengan vitamin dan lainnya.

Aplikasi ini pun memungkinkan pengguna bisa mengakses medical record atau riwayat kesehatan mulai dari hasil laboratorium, kardiologi, dan vaksin seperti polio.

“Ibu-ibu bisa akses vaksinnya, vaksin anak-anak, kan satu manfaat ya pada waktu nanti anaknya mau keluar negeri mau kuliah udah polio belum nah akan ada di dalam satu sehat aplikasi,” jelasnya.(Sumber)