Aston Martin Lebih Cepat Dari Scuderia Ferrari, Fernando Alonso Pede Tatap F1 2023

Hasil uji coba pramusim Formula One (F1) 2023 di Bahrain membuat pembalap Tim Aston Martin, Frnando Alonso cukup percaya diri menatap musim yang baru. Pasalnya ia menilai mobil Aston Martin untuk F1 2023 kini bersaing, bahkan sedikit lebih cepat ketimbang milik Scuderia Ferrari.

Ya, tampaknya Alonso puas dengan hasil tes pramusim F1 2023 yang digelar akhir pekan lalu. Ia pun menilai mobil Aston Martin, AMR23 tampil luar biasa, terutama karena mampu bersaing ketat dengan jet darat milik Ferrari.

Saking senangnya dengan kecepatan mobil AMR23, Alonso lantas menjadi pembalap yang paling banyak melakukan putaran selama uji coba di Bahrain International Circuit. Secara keseluruhan dia berputar sebanyak 270 lap selama tiga hari pengujian atau sekira 1.461 km.

Fernando Alonso

Hasilnya, waktu tercepat yang dibukukan Alonso berada di angka 1 menit 31,450 detik. Angka tersebut hanya membuatnya duduk di tempat ke sembilan.

Akan tetapi, juara F1 dua kali itu mengklaim bahwa mobil anyarnya sedikit lebih cepat dari Ferrari. Penilaiannya itu dilakukan beradasarkan simulasi balapan yang sama-sama dilakukan kedua tim di tengah tes tersebut.

“Pada hari tes terakhir, misalnya, kami melakukan simulasi balapan. Kemudian kami melakukan 57 lap, hal yang sama akan kami lakukan minggu ini di Bahrain,” kata Alonso dilansir dari Mirror, Jumat (3/3/2023).

Kami memasukkan bahan bakar untuk 57 lap tersebut dan melakukan balapan penuh dengan set-up lengkap, bahkan mengganti ban. Pada saat yang sama, Ferrari melakukan program yang sama dengan kami dengan bahan bakar yang sama untuk balapan, pemberhentian yang sama, dan kami sedikit lebih cepat,” tambahnya.

Pembalap asal Spanyol tersebut baru hijrah ke tim yang bermarkas di Silverstone itu setelah memutuskan pergi dari Alpine. Dia mengisi kursi yang ditinggalkan oleh Sebastian Vettel, yang pensiun pada akhir musim lalu.

Dengan kepercayaan dirinya itu patut ditunggu sejauh mana pembalap berusia 41 tahun itu bisa membawa Aston Martin bersaing di F1 2023. Semuanya akan dimulai pada balapan pertama di GP Bahrain 2023 yang akan berlangsung pada Minggu 5 Maret 2023 pukul 22.00 WIB.(Sumber)