PKS: Penting Menjelaskan Penyebab Kebakaran Depo BBM Pertamina Plumpang

Terkait ledakan di Depok BBM Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS, Suhud Alynudin menyatakan, selain penanganan korban akibat ledakan, yang terpenting adalah penjelasan secara transparan penyebab kebakaran.

“Hal ini penting mengingat depo BBM Pertamina merupakan salah satu objek vital nasional yang harus dijaga dengan keamanan tingkat tinggi.” ujar Suhud Alynudin.

Menurut Suhud, Penjelasan yang transparan penting untuk mencegah spekulasi liar yang berkembang di masyarakat terkait penyebab ledakan.

“Penjelasan yang jujur dan transparan akan memberikan kepastian dan ketenangan di masyarakat lingkungan sekitar dan masyarakat Jakarta Utara pada umumnya.” Papar Suhud.

Kabakaran yang terjadi di depo BBM Pertamina Plumpang, Jakarta Utara telah menewaskan telah memakan belasan korban jiwa dan puluhan luka-luka. Ratusan orang harus tinggal di penampungan karena rumah mereka hancur dan hangus terbakar.

Suhud Alynudin meminta pihak-pihak terkait, baik Pemerintah Pusat, Pertamina maupun juga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus memperhatian 3 hal.

“Pertama, memastikan suplai distribusi BBM terjamin ke SPBU-SPBU khususnya di Jakarta. Mengingat, Depo Pertamina ini menyuplai 20% kebutuhan BBM Indonesia.” Tutur Suhud.

Kedua – lanjut Suhud – memastikan adanya bantuan untuk korban kebakaran baik yang meninggal dan luka-luka.

“Terakhir, adanya jaminan dan bantuan pengungsi agar mendapatkan tempat yang layak dan kebutuhan sehari-hari selama belum memiliki tempat tinggal.” Pungkasnya.