Jazilul Fawaid: Tak Ada Hubungan Panen Padi Dengan Pilpres 2024

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid menanggapi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ditemani oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ia menegaskan, tak ada hubungan antara kunjungan kerja tersebut dengan pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

“Hemat saya, sebab panen padi tidak ada hubungannya dengan proses pilpres,” ujar Jazilul lewat pesan singkat, Jumat (10/3/2023).

“Kami percaya komitmen PKB dan Gerindra tetap terjaga, urusan capres-cawapres mandatnya ada di tangan Pak Prabowo dan Gus Muhaimin. Jika muncul manuver dan spekulasi-spekulasi, kami positif thinking saja,” katanya melanjutkan.

Diketahui, Jokowi melakukan swafoto bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Swafoto bersama ini dilakukan saat acara peninjauan panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3).

Dari sejumlah foto yang dibagikan Sekretariat Presiden, tampak tiga pejabat tersebut tengah berada di tengah sawah saat panen raya. Ketiganya pun berfoto bersama para petani yang tengah memanen padi.

Selain Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, juga hadir Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi.

Kendati demikian, Jokowi, Prabowo, dan Ganjar tampak tengah berdiri terpisah dari pejabat lainnya. Dalam foto itu juga terlihat bahwa mereka bertiga sempat berdiskusi bersama.

Beberapa foto lainnya menunjukan posisi Presiden Jokowi yang tengah memegang ponsel untuk berswafoto bersama para petani serta Ganjar Pranowo dan Prabowo. Di kesempatan lainnya kemudian bergantian Ganjar Pranowo yang memegang ponsel untuk berswafoto bersama Jokowi dan Prabowo serta para petani.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga tampak menyerahkan bantuan kepada para petani. Seperti diketahui, sosok Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo memang dinilai menjadi salah satu calon presiden di Pemilu 2024.

Jokowi pun pernah memperkenalkan Prabowo sebagai calon presiden di 2024. Sedangkan untuk Ganjar Pranowo, Jokowi belum pernah menyebut namanya secara langsung. Namun Jokowi pernah menyebutkan kriteria capres yang dinilai mirip dengan Ganjar.(Sumber)