Sosok Wout Weghorst, Raja Minyak Yang Mulai Jadi Andalan Manchester United

Soccer Football - Europa League - Round of 16 - First Leg - Manchester United v Real Betis - Old Trafford, Manchester, Britain - March 9, 2023 Manchester United's Wout Weghorst celebrates scoring their fourth goal REUTERS/Phil Noble TPX IMAGES OF THE DAY

KISAH Wout Weghorst, raja minyak yang mulai jadi andalan Manchester United akan diulas Okezone dalam artikel ini. Wout Weghorst merupakan penyerang Setan Merah -julukan Manchester United- yang diboyong pada bursa transfer Januari 2023 lalu.

Wout Weghorst didatangkan Manchester United dengan status sebagai pemain pinjaman dari Burnley. Kontraknya bersama Setan Merah diketahui akan berakhir hingga musim 2022-2023 usai.

Wout Weghorst

Kendati demikian, Wout Weghorst sukses menjadi andalan di lini depan Manchester United. Tercatat, pemain berpaspor Belanda ini telah tampil sebanyak 15 kali dan mencetak dua gol dan tiga assist di semua kompetisi untuk Setan Merah.

Menariknya, pemain yang lahir di Borne pada 7 Agustus 1992 ini memiliki latar belakang keluarga yang cukup menjadi perhatian. Pasalnya, ayah dan ibunya merupakan seorang pengusaha minyak dan gas di Belanda.

Wout Weghorst sendiri merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Keluarga Weghorst pun tidak memiliki latar belakang sepakbola sama sekali.

Hanya Wout Weghorst seorang yang menjadi satu-satunya anggota keluarga yang memilih jalan sendiri untuk terjun ke dunia sepakbola. Kedua orang tuanya pun menginginkan Weghorst untuk menekuni dunia bisnis dengan tujuan bisa meneruskan bisnis keluarga yang sudah dibangun oleh kedua orang tuanya.

Untuk diketahui, perusahaan yang dimiliki oleh keluarga Weghorst memiliki nama Avia Gas Oil. Sebuah perusahaan minyak yang mempunyai jaringan pada lebih dari 130 stasiun bahan bakar di Belanda.

Banyak orang terdekat meminta Weghorst untuk berhenti menjalani karier sebagai pesepakbola. Bahkan, tak sedikit yang menganggap jika dedikasi yang diberikan Weghorst untuk sepakbola hanyalah sebuah delusi.

Kendati demikian, Wout Weghorst mampu menjawab keraguan orang-orang terdekatnya itu. Dia memiliki mental yang kuat dan semangat untuk berkembang sebagai pesepakbola.

Wout Weghorst

Weghorst memulai karier sepakbolanya di level amatir bersama dengan tim lokal, NEO. Dia kemudian melanjutkan kariernya di klub Deto pada 2010-2011.

Melalui koneksi orang tuanya, Weghorst pun bergabung ke Willem II Tilburg. Di sana Weghorst gagal menunjukkan performa apik sehingga harus dibuang ke FC Emmen secara gratis. Bersama FC Emmen, Weghorst mulai menunjukkan kualitasnya dengan mengoleksi 12 gol di musim perdananya.

Hal itu membuat Heracles Almelo tertarik memboyongnya pada 2014 lalu. Kariernya kian menanjak naik usai bergabung bersama AZ Alkmaar pada 2015, bahkan ia sanggup mengoleksi 20 gol dari 29 pertandingan pada musim 2017-2018 di semua kompetisi.

Pencapaiannya itu membuat dirinya dipanggil Ronald Koeman utuk membela Timnas Belanda pada 2018. Di tahun yang sama, Weghorst memulai perjalanannya di luar Belanda dengan bergabung bersama VfL Wolfsburg dan mendapat kontrak selama empat tahun.

Di musim perdananya, Weghorst tampil cukup gemilang dengan membukukan 17 gol. Singkat kata, kontraknya bersama VfL Wolfsburg pun berakhir dan dia dipinang oleh Burnley pada 2022.

Namun, ia langsung dipinjamkan ke Besiktas di musim perdananya. Kendati begitu, keberuntungan Weghorst pun muncul setelah dia diboyong Manchester United pada musim dingin 2023.

Seakan-akan kerja kerasnya terbayar lunas usai Erik Ten Hag tertarik untuk mendatangkannya ke Old Trafford. Kini, Weghorst pun mulai menjadi andalan bagi Manchester United.(Sumber)