News  

Ingin Banjir Pahala Selama Puasa? Simak 3 Amalan Pokok di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan, merupakan bulan khusus bagi umat muslim, dimana bulan ini seluruh umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa dan bisa melaksanakan lebih banyak lagi ibadah, karena pada bulan ini seluruh pahala akan dilipat gandakan.

Dalam kajian Ustadz Adi Hidayat, ada tiga amalan pokok yang bisa dilakukan orang yang berpuasa agar pahalanya terus mengalir selama puasa.

Masalahnya, apakah setiap orang yang berpuasa bertakwa? Tentu tidak, maka dari itu amalan ini bertujuan untuk menyempurnakan ibadah puasa umat muslim, lalu Ustadz Adi juga menambahkan jika harapan itu tidak mungkin bisa dicapai tanpa keseriusan.

Tidak semua orang puasa akan mendapatkan kenaikan takwa kecuali orang yang sungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah puasa. Karena itu, nabi memberikan amalan utama, yang dikuatkan oleh nabi kepada sahabat sebelum tiba Ramadhan dan sampai sekarang menjadi kurikulum Ramadan nabi.

“Jadi kalau ibu-bapak ingin mengeluarkan kurikulum ramadan nabi, nanti bikin agenda saat ramadhan biar ga pusing, bikin rencana untuk khatam quran juga” ucap Ustad Adi Hidayat dalam tausiahnya, dilansir dari Youtube UAH pada selasa (21/3/23).

Berikut adalah beberapa amalan yang dapat Anda lakukan guna memuliakan bulan ini menurut keterangan Ustadz Adi Hidayat.

Pertama, meningkatkan sholat, hendaknya melaksanakan shalat rawatib untuk menentukan atau menambah kekhusyuan dalam ibadah puasa.

“Siapa yang shalat 12 rakaat yang mengiringi shalat fardhu siang dan malam, maka akan dibangunkan rumah disurga. Maka istiqomahkan sholat rawatib sampai meninggal” ucap Ustad Adi Hidayat dalam tausiahnya, dilansir dari Youtube UAH pada selasa (21/3/23).

2 rakaat sebelum subuh, 4 rakaat sebelum dzuhur, 4 rakaat sesudah dzuhur, 2 rakaat sesudah maghrib dan 2 rakaat setelah isya. Lalu laksanakan dhuha, awal dhuha disebut suruk, pertengahan dhuha dan akhir dhuha. semua sholat dhuha memiliki keutamaan masing-masing.

 

Keutamaan melaksanakan sholat awal dhuha, dapat mengganti seluruh dzikir yang ada dalam tubuh kita. Sedangkan waktu pertengahan dhuha, bisa menghambat atau menghentikan suatu musibah umum. Dan akhir dhuha, bisa mempermudah datangnya rezeki dengan izin Allah ketika ikhtiar. Ditambah dengan tahajud dan ditutup dengan witir kedua, banyak berinteraksi dengan Al-quran, yaitu qira’ah.

Jika ingin khatam, bagi menjadi 1 juz perhari atau dengan cara mudah lagi, bisa membaca Al-quran sebanyak 14 ayat sesudah dan sebelum shalat. Insya Allah selesai Ramadhan bisa khatam quran. Selama ngaji, rahmat Allah membentang, doa akan cepat di kabul dan istighfar akan diampuni, lalu diberikan ketenangan dalam jiwa. Jika ingin tenang dalam rumah tangga maka isi dengan ngaji.

Amalan yang terakhir adalah infaq, hadis nya dari Ibnu Abbas dan Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma mengatakan, orang yang sangat luar biasa dermawan dan lembut dan bertambah dermawan lagi ketika Ramadhan tiba, maka perbanyaklah berinfaq di waktu Ramadhan. (Sumber)