News  

Hari Ini Jokowi Bakal Lantik Dito Ariotedjo Jadi Menpora dan Rycko Almeza Jadi Kepala BNPT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melantik pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar, Senin (3/4/2023).

Salah satu sumber Kompas.com di pemerintahan membenarkan agenda pelantikan tersebut. “Iya benar,” ujar sumber tersebut saat dikonfirmasi.

Sementara itu, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin saat dikonfirmasi menyatakan bahwa agenda Presiden Jokowi sejauh ini masih intern. “Sampai siang masih intern agenda Presiden,” kata Bey, Senin pagi.

Politikus muda Partai Golkar Dito Ariotedjo akan dilantik menjadi Menpora menggantikan Zainudin Amali. Dito pernah menjabat Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan kini menjabat Staf Khusus Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Sementara itu, posisi Boy akan digantikan Komjen Rycko Amelza Dahniel. Presiden Jokowi disebutkan juga akan menghadiri pengambilan sumpah Wakil Ketua Mahkamah Agung Sunarto di Istana Negara.

“Ya, infonya baru dapat Minggu malam ini pelantikannya. Presiden ingin anak muda, tetapi juga tidak terlalu muda,” ungkap seorang pejabat di lingkungan Istana, yang tak mau disebutkan namanya.

Pergantian itu sejak Sabtu lalu disebut-sebut sudah final diputuskan oleh Presiden Jokowi.

“Usulan pengambilan sumpah sudah diterima sejak dua pekan lalu,” tambah sumber Kompas lainnya.

Diketahui, Zainudin Amali memutuskan mengundurkan diri sebagai Menpora setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Sementara Boy diketahui telah memasuki masa pensiun sebagai anggota Polri.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, dirinya akan melantik Menpora pengganti Zainudin Amali pada pekan ini.

Hal itu disampaikannya usai meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023). “(Menpora dilantik) Minggu depan,” ujar Jokowi dilansir dari keterangan resmi.

Namun, Presiden tidak mengungkapkan siapa kandidat Menpora yang akan dilantiknya itu. Selain melantik Menpora, Jokowi juga memastikan akan melantik Kepala BNPT yang akan menggantikan Boy Rafli Amar yang sudah memasuki masa pensiun.