News  

Menko PMK: Jangan Istirahat Berjam-jam di Rest Area, Hanya Untuk Kebutuhan Mendesak

Menko PMK Muhadjir Effendy meminta kepada pemudik tidak menjadikan rest area sebagai tempat untuk istirahat. Hal itu disampaikan Muhadjir usai meninjau arus mudik di Pelabuhan Merak pada Rabu (19/4).

“Saya mohon kepada pemudik jangan jadikan rest area sebagai tempat istirahat, tapi jadikan hanya untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak,” kata Muhadjir.

“Misalkan untuk makanan saja dan untuk buang air kecil, kita sudah tambah toilet portabel, tapi kalau niatnya istirahat apalagi berjam-jam itu sangat tidak mungkin,” tambah dia.

Muhadjir menuturkan, jika pemudik ingin istirahat, sebaiknya keluar exit tol yang terdekat.
“Nanti sudah keluar istirahat dan masuk lagi tidak akan dikenai biaya. Jadi tidak ada biaya ketika masuk lagi ke tol,” ucap dia.

Muhadjir menjelaskan, hasil pemantauan arus mudik di Pelabuhan Merak, secara umum sudah berjalan dengan baik. Namun dua hari yang lalu terlalu, masih banyak hambatan karena terlalu banyak volume truk.

“Mohon dimaklumi kalau kemarin ada kemacetan, tapi semua sudah diatasi dengan baik,” ucap dia.

Lebih jauh, Muhadjir mengatakan tercatat ada 13 ribu sepeda motor yang mudik melalui Pelabuhan Merak. Ia berharap arus mudik lebaran 2023 dapat berjalan dengan lancar.

“Mudah-mudahan semuanya lancar tadi sudah saya hitung dari tempat star menuju ke kapal untuk masuk ke kapal itu tidak sampai satu jam,” kata Muhadjir.

Berikut pernyataan dari Muhadjir Effendy terkait rest area ketika diwawancara di Pelabuhan Merak:

Kemudian untuk rest area ya, saya mohon kepada pemudik ke mana saja tujuannya, jangan menjadikan rest area tempat istirahat. Tapi rest area cukup untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang mendesak, misalnya untuk makanan yang akan dibawa karena itu cukup take away saja untuk keperluan dan mungkin perlu ada buang air kecil, kita sudah tambah apa itu, toilet portabel sehingga tidak ada masalah.

Tapi kalau niatnya untuk beristirahat apalagi berjam-jam, memang sangat tidak mungkin.
Karena itu, kita anjurkan kepada para pemudik itu kalau mau istirahat karena kelelahan, sebaiknya keluar exit tol yang terdekat dan nanti kalau sudah keluar silakan beristirahat, pasti banyak tempat untuk beristirahat termasuk kuliner dan masuk lagi tidak akan dikenai biaya.

Jadi masih ada yang salah paham kalau keluar dari tujuan semula, di tengah jalan, itu khawatir kalau masuk tol nanti dikenai biaya. Jadi tidak ada biaya ketika masuk kembali ke tol kecuali hanya membayar sisa yang belum perjalanan yang belum ditempuh.(Sumber)