Manajer Repsol Honda Puji Alex Rins Setinggi Langit Usai Berjaya di MotoGP AS 2023

PEMBALAP LCR Honda, Alex Rins, sukses berjaya di MotoGP Amerika Serikat 2023. Hasil gemilang Rins pun dipuji habis-habisan oleh Manajer Repsol Honda, Alberto Puig, yang menilai gaya balap, fokus, dan penampilan Rins sangat dibutuhkan timnya.

Ya, Rins berhasil tampil ciamik di seri MotoGP Amerika Serikat 2023. Finis kedua di sesi sprint race, Rins membuat kejutan lantaran naik podium pertama di balapan utama dan mengalahkan Luca Marini (Mooney VR46) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Alex Rins

Dengan demikian, Alex Rins berhasil mengakhiri 539 hari tanpa kemenangan MotoGP untuk Honda. Terakhir kali Honda meraih kemenangan terjadi pada MotoGP Misano 2021 lalu lewat Marc Marquez.

Sementara itu, bagi LCR ini merupakan kemenangan pertama mereka sejak diraih Cal Crutchlow pada MotoGP Argentina 2018 silam. Tentunya, ini merupakan hasil yang sangat apik mengingat Rins baru menjalani tiga seri bersama tim satelit Honda itu usai hijrah dari Suzuki Ecstar.

Terlebih, dua pembalap utama Honda yakni Joan Mir dan Marc Marquez mengalami nasib yang kurang baik di awal musim 2023. Dengan begitu, kemenangan Rins begitu sangat berharga bagi Honda.

“Honda telah memenangkan Grand Prix dan itulah tujuan yang kami tetapkan setiap akhir pekan. Dalam beberapa bulan terakhir potensi kami dipertanyakan, tapi kami membuktikan pada hari Minggu bahwa ada beberapa potensi bagus di motor kami,” kata Puig dilansir dari Speedweek, Jumat (21/4/2023).

Lebih lanjut, Alberto Puig pun memberikan pujian kepada Rins. Menurut Puig, Rins sukses menunjukan kalau dia merupakan pembalap yang sangat cepat dan dibutuhkan oleh Honda.

Alex Rins

“Gaya mengemudinya, fokusnya, dan penampilannya adalah yang kami butuhkan. Dia telah menunjukkan bahwa dia adalah pembalap yang sangat cepat dan kami juga harus mempertimbangkan dan mengapresiasi kemajuan dan pengembangan motor selama beberapa balapan,” jelas Puig.

Di sisi lain, Alex Rins kini naik ke peringkat ketiga klasemen sementara MotoGP 2023 berkat kemenangan tersebut. Dia memiliki selisih enam poin dari Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang berada di posisi kedua dan terpaut 17 angka dari Marco Bezzecchi (Mooney VR46) yang berada di puncak klasemen.(Sumber)