Saleh Partaonan Daulay Tegaskan Relawan Anies di Senayan Tak Terkait PAN

PAN menegaskan deklarasi relawan Amanat Indonesia (ANIES) yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bacapres di 2024 tak berkaitan dengan partainya. Deklarasi dilakukan pada Minggu (7/5) di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Ketua DPP PAN Saleh Daulay menegaskan tak ada laporan sama sekali dari deklarator. Sehingga, kegiatan itu tidak ada sangkut pautnya dengan PAN dan seluruh jaringannya.

“Kalaupun ada menyebut kata amanat, itu hanya klaim sepihak. PAN sampai hari ini belum memutuskan untuk mendukung salah seorang capres,” kata Saleh, Senin (8/5).

“DPP dan Ketua Umum masih melakukan penjajakan dan pendalaman. Termasuk mempersiapkan proses pencalegan yang sedang berlangsung,” imbuh anggota DPR ini.

Saleh menerangkan deklarator yang kerap dihubungkan sebagai kader PAN saat ini tidak aktif di kepengurusan DPP PAN. Ia menyebut Sahrin Hamid, di antaranya, bertahun-tahun hampir tidak pernah kelihatan di PAN.

“Begitu juga nama-nama lain yang mengaku sebagai deklarator dari PAN. Saya sudah tanya Ketua Umum. Beliau mengatakan tidak tahu menahu soal deklarasi itu. Itu adalah kegiatan sekelompok orang yang mengkait-kaitkan dengan PAN,” lanjut dia.

Salah mengakui nama-nama deklarator relawan Anies di Senayan yang disebut-sebut sebagai kader partainya tentu akan dibicarakan di internal PAN.

“Tetapi dari gelagatnya, tidak banyak yang pernah berkiprah di PAN. Sisanya, mungkin massa lain yang diorganisir untuk kegiatan tersebut,” terang Saleh.

“Kader PAN saat ini sedang menunggu perkembangan dan informasi. Tidak terpancing dengan deklarasi-deklarasi seperti ini. Pada saatnya, insyaallah semua akan bersama-sama mendukung salah satu pasangan capres dan cawapres yang disepakati,” kata Saleh.

Deklarasi ANIES di Senayan
Bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan menghadiri acara relawan Amanat Indonesia (ANIES) di Tennis Indoor Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Minggu (7/5).

Dalam acara tersebut, anggota PAN Sahrin Hamid mendeklarasikan berdirinya relawan ANIES. Dia mengeklaim sekitar 10 ribu orang yang hadir dalam acara itu dan mengatakan bakal terus berjuang hingga 2024 untuk memenangkan Anies.

Relawan Anies, Amanat Nasional (ANIES), sebelumnya telah dideklarasikan meski tak semasif kemarin. Saat itu, relawan ini terdiri di antaranya dari deklarator PAN tahun 1998 Miranti Abidin, Sekjen PAN periode 1998-2000 Afni Ahmad, anggota DPR RI Fraksi PAN Alimin Abdullah, Ketua Mahkamah PAN 2015-2020 Yasin Kara hingga Sekretaris Dewan Kehormatan PAN 2015-2020 Putra Jaya Husein.

PAN lalu menegaskan bahwa relawan Amanat Nasional yang mendukung Anies bukan bagian dari manuver partainya jelang pilpres.(Sumber)