Kenapa Marc Marquez Selalu Setia Menggunakan Nomor 93?

ALASAN kenapa Marc Marquez memilih nomor 93 akan diulas di sini. Marc Marquez merupakan salah satu pembalap MotoGP terbaik yang masih aktif hingga kini.

Sejak debut di kelas teratas pada musim 2013 lalu, Marc Marquez telah memenangkan 6 gelar juara dunia MotoGP. Keenam gelar tersebut diraihnya pada 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019.

Yang lebih hebatnya lagi, Marc Marquez menjuarai enam gelar MotoGP di usianya yang masih muda, yakni 27 tahun. Hal ini menjadikannya pembalap MotoGP termuda yang pernah menjadi juara enam kali dan mengalahkan seniornya, yaitu Valentino Rossi.

Selama berkarier di dunia MotoGP, Marc Marquez selalu menggunakan nomor yang sama, yaitu 93. Padahal, di MotoGP pembalap yang baru saja memenangkan gelar juara dunia boleh menggunakan nomor 1.

Akan tetapi selama 6 kali dirinya menjadi juara, Marquez selalu setia dengan nomor 93 miliknya. Lantas, apa sebenarnya alasan Marc Marquez memilih nomor 93?

Usut punya usut, ternyata tidak ada alasan khusus kenapa Marquez memilih nomor 93. Pembalap asal Spanyol itu hanya ingin mengenang tahun kelahirannya yakni 1993.

Seperti yang telah diketahui, Marc Marquez lahir di Cervera, pada 17 Februari 1993. Kegemilangan karier Marquez sudah dimulai sejak kelas 125cc. Pada kelas tersebut, Marquez berhasil meraih lima kemenangan beruntun dan menyamai pencapaian Valentino Rossi pada 1997.

Bahkan di kelas tersebut, pembalap berjuluk The Baby Alien ini berhasil menjadi juara dunia untuk pertama kalinya di usianya yang baru menginjak 17 tahun. Setelah naik ke kelas Moto2 pada 2011, Marc Marquez melakukan aksi comeback luar biasa dengan menjadi runner up di musim pertamanya.

Kemudian pada musim berikutnya, Marc Marquez menjadi juara dunia di kelas Moto2 dan naik ke kelas MotoGP. Bersaing dengan pembalap senior seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan sebagainya, The Baby Alien mampu mendominasi dengan meraih enam gelar juara dunia dalam tujuh musim pertamanya.

Sayangnya, akibat cedera yang dialaminya sejak balapan perdana di musim 2020, Marc Marquez belum dapat kembali ke penampilan terbaiknya. Bahkan setelah dirinya dinyatakan sembuh berkat operasi keempatnya, Marquez masih belum bisa berbuat banyak di MotoGP 2023.

Saat ini Marquez berada di peringkat ke 19 dan baru mengoleksi 7 poin dari empat balapan yang sudah terlaksana di musim ini. Menarik untuk menantikan aksi Marquez di balapan-balapan selanjutnya dengan nomor 93 andalannya.

(Sumber)