Brighton Hove Albion Cetak Sejarah, Pertama Kalinya Tampil di Kompetisi Eropa

Sejarah tercipta usai pertandingan Brighton & Hove Albion vs Southampton di pekan ke-37 Liga Inggris 2022-2023. Sebab berkat kemenangan 3-1 atas Southampton, Brighton berhasil mencetak sejarah dengan pertama kali tampil di kompetisi Eropa.

Laga Brighton vs Southampton dilangsungkan pada Minggu 21 Mei 2023 malam WIB. Kembali menunjukan permainan yang baik, Brighton pun sukses memastikan kemenangan dengan skor 3-1.

Berkat kemenangan tersebut, Brighton telah berhasil mengamankan tempat di Top 6 pada Liga Inggris musim ini. Hal tersebut telah memastikan tim asuhan Roberto De Zerbi itu akan bersaing paling tidak di Liga Konferensi Eropa.

Saat ini, Brighton berada di peringkat keenam klasemen dengan perolehan 61 poin. Mereka unggul tiga poin dari Aston Villa yang ada di peringkat ketujuh dan tertinggal lima poin dari Liverpool di posisi kelima.

Brighton & Hove Albion

Tentu saja hal tersebut merupakan pencapaian besar yang berhasil didapatkan Brighton pada musim ini. Pasalnya, ini merupakan pertama kalinya bagi Brighton untuk mendapat kesempatan tampil di kompetisi Eropa.

Roberto De Zerbi tentu sangat senang dengan keberhasilan yang didapatkan tim asuhannya di musim ini. Meski begitu, dirinya memastikan bahwa Brighton akan mengincar tempat di Liga Europa ketimbang Liga Konferensi Eropa.

“Kami ingin tampil di Liga Eropa, bukan di Liga Konferensi Eropa,” tutur Roberto De Zerbi dilansir dari Sky Sports, Senin (22/5/2023).

Ya, Brighton masih mungkin mendapatkan tiket ke Liga Eropa alias finis di peringkat kelima. Dengan catatan, mereka harus menang di dua laga terakhir saat melawan Manchester City dan Aston Villa. Sementara itu, Liverpool juga harus kalah dari Southampton demi bisa memuluskan jalan Brighton finis di peringkat kelima dan merebut tiket ke Liga Eropa 2023-2024.(Sumber)