News  

Tokoh Bangsa, Sarwono Kusumaatmadja Meninggal Dunia

Innalillahi wa innailaihi rajiun! Seorang tokoh besar bangsa, Sarwono Kusumaatmadja telah meninggal dunia pada Jumat (26/05/2023). Ia wafat setelah menjalani beberapa hari perawatan di salah satu rumah sakit di Penang, Malaysia. Tepatnya, Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia pada jam 15.14 di Adventist Hospital, Penang.

Menurut penuturan pihak keluarga, Sarwono Kusumaatmadja telah beberapa hari dirawat di rumah sakit ini akibat sakit kanker paru-paru. Sejak beberapa hari lalu, kondisi fisiknya memang cukup menurun, pihak keluarga pun sempat meminta haturan doa dari masyarakat di Indonesia.

“Kondisi fisik Pak Sarwono masih lemah, tetapi semangatnya sangat tinggi. Mohon doa untuk kesembuhan beliau,” kata staf pribadi Sarwono, Veronica Wiyarsi dalam pesan singkat yang menyebar di aplikasi WhatsApp, dikutip Senin (22/5/2023).

Sarwono Kusumaatmadja merupakan figur penting bagi Partai Golkar di masa Orde Baru. Ia adalah Sekretaris Jenderal DPP Golkar sipil pertama yang menjabat pada periode 1983-1988. Hal ini turut pula dijelaskan oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Nurul Arifin ketika menjelaskan wafatnya Sarwono Kusumaatmadja kepada insan pers.

“Beliau adalah sekjen sipil pertama di Golkar,” kata Waketum Partai Golkar Nurul Arifin kepada wartawan, Jumat (26/5/2023).

Tak hanya Nurul Arifin, kader Partai Golkar lain yang duduk di Komisi I DPR RI Christina Aryani juga menyampaikan rasa berbelasungkawa atas wafatnya Sarwono Kusumaatmadja. Atas segala pengabdian Sarwono Kusumaatmadja kepada Partai Golkar dan negara, Christina Aryani menyebut sosok mantan Menteri Eksplorasi Kelautan (1999-2001) ini pantas untuk dijadikan inspirasi.

“Rentang pengabdian beliau pada negara tidak diragukan lagi sebagaimana terlihat dari baktinya yang besar untuk negara baik pada level eksekutif maupun legislatif, yang sekaligus menginspirasi dan menjadi contoh bagi kami kader muda Partai Golkar,” terang Christina.

Christina Aryani mendoakan agar Almarhum Sarwono Kusumaatmadja diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan YME. Ia juga berharap agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran.

“Kita sama-sama berdoa agar Almarhum diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan YME, kembali berkumpul dengan almarhumah istrinya yang sudah mendahului lebih awal dan kepada keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kekuatan dan ketabahan,” tandasnya.

Atas wafatnya tokoh senior Partai Golkar, Sarwono Kusumaatmadja, kami segenap kader muda Partai Golkar serta redaksi Golkarpedia.com turut berbelasungkawa. Doa terbaik kami haturkan atas wafatnya Sarwono Kusumaatmadja, banyak jasa yang telah ditinggalkannya untuk Golkar dan nusa bangsa. Semoga jasa-jasa serta kebaikan seorang Sarwono Kusumaatmadja menjadi jariyah yang tak pernah lekang ditelan oleh waktu. Amiinn. {golkarpedia}