MotoGP Italia 2023: Francesco Bagnaia Menang, Marc Marquez Gagal Finis

Balapan utama MotoGP Italia 2023 berlangsung di Sirkuit Mugello pada Minggu (11/6) malam WIB. Hasilnya, Francesco Bagnaia menjadi pemenang. Sementara, Marc Marquez mengalami apes karena tergelincir, sehingga gagal finis.

Starting Grid MotoGP Italia 2023
Start 1-10: Francesco Bagnaia, Marc Marquez, Luca Marini, Jack Miller, Jorge Martin, Alex Marquez, Marco Bezzecchi, Aleix Espargaro, Johann Zarco, Brad Binder.

Start 11-22: Enea Bastianini, Maverick Vinales, Franco Morbidelli, Fabio Quartararo, Takaaki Nakagami, Michele Pirro, Miguel Oliveira, Fabio Di Giannantonio, Raul Fernandez, Augusto Fernandez, Lorenzo Savadori, Jonas Folger.
Jalannya Balapan MotoGP Italia (23 Lap)

Selepas start, Marc sempat meraih posisi terdepan, tetap Bagnaia mampu kembali mengamankan status pimpinan lomba. Marc lalu tersusul oleh Miller, Marini, dan Martin.

Momen saling balap-membalap terjadi di urutan terdepan, tetapi Bagnaia tenang di P1. Urutan 10 besar di lap ketiga: Bagnaia, Martin, Marini, Marc, Miller, Binder, Alex, Bezzecchi, Zarco, Aleix. Alex Marquez sempat masuk 4 besar, tetapi lalu tergeser ke P6 usai bersenggolan dengan Miller.

Tiga lap berlalu, Bagnaia dan Martin kian meninggalkan saingan mereka di P3 dan seterusnya dengan jarak waktu lebih dari 1,5 detik. Pada lap keenam, Marc yang berada di P4 apes karena terjatuh di Tikungan 15 dan berakhir di gravel. Ia tak bisa meneruskan lomba.

Urutan 10 besar di lap ke-10: Bagnaia, Martin, Marini, Alex, Zarco, Binder, Miller, Aleix, Bezzecchi, Morbidelli.

Alex Marquez ngotot ingin naik podium. Ia berduel ketat dengan Marini untuk posisi ketiga. Sementara, pada lap ke-12, terpantau jarak antara Bagnaia dan Martin tinggal kurang dari 0,5 detik.

Satu lap berselang, Alex menyalip Marini. Pada lap 15, Alex apes seperti Marc, terjatuh dan terseret ke gravel di Tikungan 2. Ia pun akhirnya tak bisa lanjut.

Urutan 10 besar MotoGP Italia sampai lap ke-16: Bagnaia, Martin, Marini, Zarco, Binder, Miller, Aleix, Bezzecchi, Bastianini, Morbidelli. Bagnaia menjauh sampai 1,4 detik atas Martin.

Pada akhirnya, Francesco Bagnaia menjadi pemenang MotoGP Italia 2023. Sementara, Martin finis kedua dan Zarco finis ketiga.(Sumber)