Dirut PT LIB: FIFA Kaget, Seleksi 160 Wasit Yang Lolos Hanya 18 Orang

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) terus bersiap untuk menggelar Liga 1 2023/24. Salah satu yang terus dibenahi oleh operator kompetisi adalah kualitas wasit.

Apalagi, Liga 1 musim 2023/24 berencana akan menggunakan VAR. Oleh karena itu, PT LIB dibantu FIFA menggelar seleksi wasit yang akan bertugas di Liga 1. Sialnya, wasit yang berkualitas di Indonesia sangatlah dikit. Hal tersebut yang membuat FIFA terkejut.

“Teman-teman dari FIFA itu agak terkejut. Terkejutnya dari 160-an wasit yang diseleksi, wasit tengah ya, itu hanya 18 yang lolos,” ucap Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, kepada wartawan pada Rabu (21/6).

“Ini yang menjadi konsen daripada teman-teman FIFA. Apakah 18 ini betul-betul sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan oleh FIFA sebagai instruktur nantinya,” tambahnya.

Pada tahun ini, PSSI telah meneken kerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA). Kerja sama tersebut, salah satunya, berfokus untuk memperbaiki kualitas wasit.

Langkah pertama yang dilakukan dalam kerja sama antara PSSI dan JFA meliputi pembenahan Top League Referee dengan menjalani seleksi ketat berdasarkan standard PSSI dan FIFA.

Seleksi wasit dan asisten wasit di tahun 2023/2024 melalui tiga tahap tes, yakni Fitness Test FIFA Kategori 2, Video Test, LOTG Tes.(Sumber)