Fabio Quartararo Ungkap Kondisinya Usai Insiden Hingga Gagal Finis di Race MotoGP Belanda 2023

ALAMI insiden hingga gagal finis di race alias balapan utama MotoGP Belanda 2023, Fabio Quartararo ungkap kondisinya. Pembalap Monster Energy Yamaha itu mengatakan harus menjalani operasi untuk memulihkan kondisi tersebut.

Fabio Quartararo mampu tampil cukup apik di serangkaian sesi MotoGP Belanda 2023. El Diablo -julukan Fabio Quartararo- finis di posisi keenam dalam sesi latihan, mengamankan posisi keempat di kualifikasi, dan meraih podium ketiga di sesi sprint.

Sayangnya, pada balapan utama yang digelar di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (25/6/2023) malam WIB itu, Fabio Quartararo tergelincir saat menikung pada lap ketiga. Dia kemudian menabrak Johann Zarco (Pramac Ducati).

Fabio Quartararo sempat mengalami kesakitan namun mampu bangkit setelah mendapatkan pertolongan pertama dari Zarco dan para marshall. Setelahnya, Quartararo mengungkapkan jika sikutnya terkilir akibat kecelakaan itu.

Selain itu, dia menilai ibu jari kaki kirinya yang patah ketika dia jogging di Amsterdam semakin parah setelah terjatuh. Sehingga, kampiun MotoGP 2021 itu harus menjalani operasi untuk memulihkan kondisinya.

“Sikutku terpelintir. Sayangnya, hal-hal seperti ini terjadi. Pemulihannya tidak akan memakan waktu lama,” kata Quartararo dilansir dari Speedweek, Senin (26/6/2023).

Tapi aku masih harus memeriksakan kakiku. Sepertinya jari kakiku membutuhkan operasi. Itu bisa memakan waktu dua minggu,” imbuh Fabio Quartararo.

Fabio Quartararo pun tidak memungkiri kecelakaan tersebut disebabkan oleh kesalahannya. Dia merasa terlalu ambisius untuk menjalani balapan dan justru membuat kesalahan ketika menikung.

“Saya membuat kesalahan di awal. Jika Anda mencoba membuatnya terlalu sempurna, Anda benar-benar mengacaukannya,” jelas pembalap berusia 24 tahun itu.

“Sayangnya, saya menghasilkan terlalu banyak wheelie di awal dan menaikkan gas terlalu banyak. Saya menyusul sedikit setelah itu dan berada di sekitar posisi 7. Kemudian kecelakaan itu terjadi. Ini kesalahanku,” tambahnya.

Selain itu, Fabio Quartararo mengonfirmasi jika dirinya akan menjalani operasi hari ini, Senin (26/6/2023). Dia juga terlihat dengan balutan penyangga di tangan kirinya dan juga kaki kiri yang dibungkus alat penyokong.

“Kami menunjukkan kecepatan yang hebat akhir pekan ini tapi sangat disayangkan saya kecelakaan di awal balapan dan membuat cedera saya semakin parah. Saya akan menjalani operasi besok (Senin) dan ini akan menjadi waktu untuk bersantai,” jelas Quartararo di Instagram-nya, @fabioquartararo20.(Sumber)