News  

Sentil Ketimpangan, Anies Baswedan: Banyak Daerah Belum Dialiri Listrik

Hingga kini masih banyak daerah di Indonesia belum dialiri listrik, terlebih di bagian timur Indonesia yang masuk kategori 3T atau terdepan, terluar, dan tertinggal.

Kondisi itu diungkap bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, saat menjadi pembicara pada Rakernas XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), di Makassar, Kamis (13/7).

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu menunjukkan foto udara wilayah Indonesia di malam hari. Menurutnya, cahaya lampu dari foto udara itu menggambarkan sebuah kota.

“Saya tidak menggunakan statistik. Pakai ilustrasi ini saja, listrik yang nyala di malam hari. Dari situ terlihat ketimpangan yang terjadi,” kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu membandingkan dengan India yang juga memiliki masalah kompleks. Tapi distribusi listrik di India relatif merata.

“Visi yang mau kita tawarkan ke depan, di malam hari seluruh kota di republik Indonesia ini terlihat menyala terang dari udara. Jangan ada yang gelap lagi,” katanya.

“Kalau gelap perekonomiannya jadi rendah, kontribusinya rendah, dan tentu saja PLN harus siapin suplainya,” tegas eks Rektor Universitas Paramadina itu.(Sumber)