Yamaha Ucapkan ‘Sayonara’ Ke Franco Morbidelli Usai MotoGP 2023 Berakhir

Yamaha secara resmi mengumumkan bahwa Monster Energy Yamaha MotoGP dan Franco Morbidelli akan berpisah setelah musim MotoGP 2023.

Yamaha Motor menjelaskan bahwa kemitraannya dengan Franco Morbidelli akan dihentikan pada akhir tahun 2023 ketika Morbidelli akan beralih ke tantangan balap baru.

Sejak Morbidelli bergabung dengan Yamaha pada 2019, pembalap Italia itu meraih enam podium: tiga kemenangan, satu detik, dan dua tempat ketiga.

Ia juga meraih dua pole position dan menjadi runner-up Juara Dunia MotoGP pada 2020.

Setelah istirahat sejenak akibat cedera lutut selama musim 2021, murid Valentino Rossi dari akademi balap VR46 itu kembali tampil pada GP San Marino sebagai bagian dari tim pabrikan Yamaha.

Total dia memperebutkan 74 balapan sebagai pembalap Yamaha sejauh ini.

“Yamaha Motor Co, Yamaha Motor Racing, dan Monster Energy Yamaha MotoGP Team sangat berterima kasih atas kontribusi Morbidelli,” dalam keterangan resmi Yamaha.

“Motivasinya tidak pernah berkurang dan pola pikir positifnya. Kami berharap dapat berbagi lebih banyak momen berkesan selama sisa 12 putaran MotoGP 2023.”

“Yamaha Motor Co., Ltd. mendoakan yang terbaik bagi Morbidelli dalam upaya balapnya di masa depan.”

Yamaha juga menegaskan bahwa pihaknya memberi dukungan penuh dari Monster Energy Yamaha MotoGP untuk Morbidelli selama sisa musim ini untuk mengakhiri kemitraan mereka dengan catatan gemilang.

Pertama, saya ingin berterima kasih kepada Franky (sapaan akrab Morbidelli) atas kerja keras dan dedikasinya sejak dia memulai dengan tim pabrikan,” kata Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis.

“Jauh sebelumnya ketika dia menjadi pembalap satelit untuk Yamaha. Kemitraan Yamaha dan Morbidelli menghasilkan beberapa hasil yang luar biasa, termasuk gelar runner-up 2020.”

“Sayang sekali bahwa dua tahun terakhir tidak berjalan seperti yang kami inginkan dan harapkan,” aku Jarvis.

“Kami membahas kemungkinan untuk melanjutkan kemitraan kami, tetapi pada akhirnya kami memutuskan bahwa 2024 akan menjadi momen untuk melakukan perubahan, baik untuk Yamaha maupun Franky,” tutur Jarvis.

“Tim akan terus mendukung Franky sepenuhnya dengan segala cara yang kami bisa untuk menutup waktu yang kami habiskan bersama dengan cara terbaik.”(Sumber)