News  

Prabowo, Cak Imin, Hingga Megawati Absen di Upacara Penurunan Bendera di Istana

Istana telah rampung menggelar upacara penurunan bendera merah putih dalam rangka HUT Ke-78 RI pada Kamis (17/8) sore. Beberapa tokoh dan pejabat absen dalam upacara penurunan bendera.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar, dan Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri tidak terlihat di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam upacara penaikan bendera, mereka sempat hadir. Prabowo dalam upacara penaikan duduk diapit Cak Imin dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono.

Selain itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo juga tidak terlihat dalam upacara penurunan bendera. Termasuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Sementara jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya hadir dalam upacara sore ini.
Mereka adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD, Menkeu Sri Mulyani, hingga Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Upacara penurunan bendera selesai sekitar pukul 17.20 WIB. Tim Indonesia Jaya bertugas dalam upacara penurunan bendera merah putih.

Keyla Azzahra Purnama perwakilan dari Sumatera Selatan menjadi pembawa bendera. Tiga orang lainnya dari Tim Indonesia Jaya yang bertugas menurunkan bendera ialah Frans Timothy Prawira Siallagan sebagai Komandan Kelompok 8 dari Lampung, Made Guruh Anggara Putra sebagai pembentang bendera dari Bali dan Raja Shiam Al Ghiffary Panjiyoga sebagai pengerek bendera dari Jawa Barat.

Sementara Komandan Upacara adalah Kombes Pol Dr. Victor Dean Mackbon yang menjabat sebagai Kapolresta Jayapura Kota Polda Papua.

Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Pom Herlan Auriza yang saat ini bertugas sebagai Danunitpom Puspomau.

Brigadir Jenderal TNI Arkamelvi Karmani bertindak sebagai Perwira Upacara, Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989 yang lahir di Jakarta, 10 Februari 1967. Ia menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.(Sumber)