MotoGP Catalunya 2023: Aleix Espargaro Juara, Francesco Bagnaia Kecelakaan Parah

MotoGP - Catalunya Grand Prix - Circuit de Barcelona-Catalunya, Barcelona, Spain - September 3, 2023 Aprilia Racing's Aleix Espargaro in action during the MotoGP race REUTERS/Nacho Doce

HASIL race MotoGP Catalunya 2023 akan dibahas di sini. Balapan di Sirkuit Catalunya pada Minggu (3/9/2023) malam WIB berakhir untuk kemenangan untuk Aleix Espargaro dari Aprilia Racing.

Francesco Bagnaia terpaksa menepi setelah insiden mengerikan pada lap pertama. Aleix Espargaro sukses mengatasi perlawanan rekan setimnya, Maverick Vinales, selagi Jorge Martin melengkapi podium.

 

Jalannya Balapan

Balapan dimulai dengan kekacauan dengan banyaknya pembalap yang terjatuh. Enea Bastianini menyenggol Johann Zarco pada awalnya sebelum menjatuhkan Johann Zarco dan juga Marco Bezzecchi pada tikungan pertama.

Beberapa tikungan kemudian, giliran Francesco Bagnaia yang terjatuh hingga Brad Binder tak bisa menghindari kakinya. Bendera merah kemudian dikibarkan setelah ini.

Bagnaia kemudian dibawa ke medis untuk menjalani pemeriksaan. Saat balapan dimulai kembali, Bagnaia tidak ada dalam grid, demikian pula dengan rekan setimnya, Bastianini, yang menyebabkan kekacauan di tikungan pertama.

Ketika balapan dimulai lagi, Maverick Vinales sukses merebut posisi terdepan. Dia diikuti oleh rekan setimnya, Aleix Espargaro, dan pembalap Aprilia lainnya, Miguel Oliveira, dari tim RNF Cryptodata.

Pada lap keempat, Brad Binder memutuskan untuk menepi setelah mengalami masalah pada motornya. Sementara itu, Marc Marquez berada di posisi ke-10 selagi Fabio Quartararo menempati posisi kedelapan.

 

Hingga lap kesembilan, duo Aprilia masih menguasai posisi dua terdepan. Aleix Espargaro berada di posisi kedua dengan keunggulan dua detik hingga pembalap peringkat ketiga, Miguel Oliveira.

Pada lap kesepuluh, Oliveira dipepet oleh Jorge Martin. Sang pembalap asal Spanyol kemudian mengambil alih peringkat ketiga dari Oliveira.

Fabio Quartararo kemudian naik ke peringkat ketujuh. Beda nasib dengan Quartararo, Marquez turun ke peringkat ke-12

Vinales makin unggul dengan nyaman pada lap ke-16. Pada titik ini, dia unggul 0,8 detik dari Aleix Espargaro, yang menjauh hingga 3,3 detik dari pembalap peringkat ketiga, Jorge Martin.

Aleix Espargaro kemudian sukses menipiskan ketertinggalan dari Maverick Vinales. Sang pembalap asal Spanyol berhasil untuk mengambil alih pimpinan balapan pada lap ke-20, hanya tiga lap sebelum finis.

Espargaro semakin menjauh setelah mengambil alih tempat pertama. Dia akhirnya sukses finis pertama diikuti rekan setimnya, Vinales dan Jorge Martin.

Hasil Race MotoGP Catalunya 2023

1 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)

2 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)

3 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)

4 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)

5 Miguel Oliveira POR RNF Aprilia (RS-GP22)

6 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)

7 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

8 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)

9 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*

10 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)

11 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

12 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

13 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

14 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

15 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

16 Iker Lecuona SPA LCR Honda (RC213V)

17 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)

Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)

Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

Pol Espargaro SPA Tech3 GASGAS (RC16)

Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP23)

Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)

(Sumber)