News  

Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo, Ini Sosok Arsyad Rasyid

Ketua Umum Partai Perindo telah mengumumkan Arsyad Rasyid sebagai ketua tim pemenangan nasional (TPN) Ganjar Pranowo. Pengumuman itu dilakukan setelah TPN resmi dibentuk dalam pertemuan bersama para ketua umum partai koalisi di DPP PDIP, Senin, 4 September 2023.

“Ketua TPN, tim pemenangan nasional, adalah Pak Arsjad Rasjid, tadi diputuskan. Beliau muda, gesit, pengetahuannya luas, network-nya juga sangat luas, dan juga Ketua Umum Kadin,” kata Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo di DPP PDIP, Jakarta, Senin ini.

Seusai penunjukan itu, Arsyad Rasyid pun menjadi sorotan publik. Banyak yang penasaran dengan profil Arsyad Rasyid hingga bisa terpilih sebgaia ketua TPN Ganjar.

Bernama lengkap Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat, ia lahir pada 16 Maret 1970 dari pasangan H.M.N. Rasjid dan Hj. Suniawat. Ayahnya merupakan seorang Purnawirawan TNI Angkatan Darat yang berasal dari Palembang. Sedangkan sang ibu berdarah Sunda-Tionghoa.

 

Arsyad Rasyid diketahui pernah menempuh pendidikan di University of Southern California di bidang Computer Engineering pada 1990. Ia juga mendalami ilmu di bidang Administrasi Bisnis di Pepperdine University, California, Amerika Serikat, tahun 1993 yang membuahkan gelar Bachelor of Science.

Arsyad Rasyid saat ini menjabat Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) periode 2021-2026. Ia terpilih dalam Musyawarah Nasional (Munas) VIII di Kendari, Sulawesi Tenggara. Sebelumnya, ia menjabat Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Pengusaha.

Selain Ketua Umum Kadin, ia menjabat Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) dan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani), organisasi yang mengelola dan mengembangkan olahraga panahan di Indonesia, periode 2023-2027.(Sumber)