Gol Indah Lionel Messi Bawa Argentina Taklukkan Ekuador 1-0

Lionel Messi kembali menjadi pahlawan Argentina saat menjamu Ekuador di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan (CONMEBOL). Satu-satunya gol yang diciptakan Messi membawa tim besutan Lionel Scaloni meraih kemenangan tipis 1-0.

Argentina menurunkan komposisi terbaik, dengan Lionel Messi dan Lautaro Martinez jadi tumpuan di lini serang. Sementara, pelatih Felix Sanchez mengandalkan Moises Caicedo untuk mengawal lini tengah Ekuador.

Bermain di Estadio Monumental, Jumat (8/9/2023), Argentina tampil dominan menguasai bola di babak pertama. Namun Ekuador bermain rapat untuk meredam serangan tuan rumah.

Albiceleste hampir membuka keunggulan di menit ke-15. Serangan yang dibangun dari sisi kiri diakhiri umpan silang cerdik ke Messi yang berada di depan kotak penalti, namun tembakan La Pulga melebar tipis di sisi kanan gawang Ekuador.

Tim tamu berupaya memberi kejutan di menit ke-37, namun tembakan William Pacho terlalu lemah dan mudah saja diamankan kiper Emiliano Martinez.

Lautaro Martinez mendapat peluang emas di injury time babak pertama. Ia sukses menyambar umpan silang Rodrigo De Paul dari sisi kanan, namun bola membentur tiang gawang. Di babak pertama, Argentina gagal mencetak shot on goal. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, tekanan Argentina berlanjut. Nicolas Tagliafico melepaskan tembakan jarak jauh usai menerima umpan Messi di menit ke-57, namun melambung di atas gawang. Ekuador tak tinggal diam dan memberi perlawanan.

Pada menit 65, penguasaan bola Argentina mencapai 72 persen. Argentina melepas delapan shots, tetapi tidak ada yang mengenai target.

Enner Valencia nyaris saja membobol gawang Martinez di menit ke-67, tapi tembakannya terlalu pelan, sehingga kiper Aston Villa itu mampu mengamankan gawangnya.

Aksi individu yang dilakukan Messi di menit ke-70 berujung tembakan mendatar yang bisa dihalau kiper Ekuador, Hernan Galindez. Namun di menit ke-78, La Pulga tak lagi melakukan kesalahan.

Tendangan bebas striker Inter Miami itu meluncur deras ke sudut kiri gawang Ekuador tanpa bisa dijangkau Galindez. Skor 1-0 untuk tuan rumah bertahan hingga usai.

Hasil pertandingan lain babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan, Paraguay ditahan imbang tanpa gol oleh Peru. Sementara Kolombia menang tipis 1-0 atas Venezuela melalui gol Rafael Santos Bore.

Susunan pemain
Argentina: Emiliano Martinez, Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico, Rodrigo De Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister (Leandro Paredes 77′), Lionel Messi (Exequiel Palacios 89′), Lautaro Martinez (Julian Alvarez 77′), Nicolas Gonzalez (Angel Di Maria 62′).

Ekuador: Hernan Galindez, Pervis Estupinan, William Pacho, Robert Arboleda, Felix Torres (Angel Mena 81′), Jose Hurtado (Angelo Preciado 81′), Moises Caicedo, Carlos Gruezo, Jose Cifuentes (Julio Ortiz 67′), Enner Valencia, Gonzalo Plata (Kevin Rodriguez 67′).