Bamsoet Kembali Terpilih Jadi Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Periode Agustus 2023

Bambang Soesatyo atau Bamsoet sapaan akrabnya untuk kesekian kalinya mendapat predikat sebagai anggota DPR RI terpopuler berdasarkan riset kami, Golkarpedia. Riset mengenai anggota DPR RI terpopuler ini menggunakan jumlah pemberitaan sebagai indikator popularitas.

Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, kami Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan Agustus 2023. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Bamsoet merupakan legislator Partai Golkar yang duduk sebagai Ketua MPR RI.

Bamsoet pada periode Agustus 2022 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 2.333 pemberitaan. Jangkauan pemberitaan mengenai Bamsoet sendiri sangat besar, mencapai 17,1 juta reach. Berita mengenai Bamsoet didominasi mengenai perayaan Hari Konstitusi yang digelar MPR RI pada 18 Agustus 2023 silam. Selanjutnya ajakan Bamsoet kepada generasi muda bangsa untuk memperkuat ideologi Pancasila.

Pernyataan Bamsoet mengenai usulan soal amandemen UUD 1945 di Sidang Tahunan MPR juga menjadi salah satu pemberitaan populer tentang Bamsoet. Selain itu, ada pula dukungan yang dinyatakan Bamsoet atas wacana pembentukan angkatan siber TNI. Isu soal KKB Papua yang berulah jelang hari kemerdekaan dan disampaikan Bamsoet di Sidang Tahunan MPR juga turut menjadi perhatian publik.

Urutan kedua, ada nama Ace Hasan Syadzily yang duduk sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI yang membidangi urusan agama dan bidang sosial. Ace Hasan Syadzily memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 261 pemberitaan dan jangkauan beritanya adalah sebesar 2,01 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Ace Hasan Syadzily di antaranya adalah mengenai tanggapan Ace Hasan Syadzily terkait elektabilitas Ridwan Kamil sebagai Cawapres. Lalu ada pemberitaan tentang penjelasan dirinya terkait Koalisi Indonesia Maju yang diidentifikasikan sebagai koalisi pelanjut pemerintahan Jokowi.

Selanjutnya ada pula pemberitaan tentang wacana naik haji cukup sekali yang dilemparkan oleh Ace Hasan Syadzily di rapat Komisi VIII DPR RI. Ace Hasan juga banyak disorot tentang kedatangan Prabowo Subianto ke Golkar Institute di mana dirinya menjabat sebagai Ketua dari lembaga ini.

Posisi ketiga ada nama Dave Akbarshah Fikarno atau akrab disapa Dave Laksono, anggota Komisi I DPR RI. Komisi ini membidangi lingkup tugas luar negeri, informasi telekomunikasi, pertahanan keamanan dan intelijen. Di Agustus 2023, Dave Laksono memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 261 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 1,9 juta reach.

Pemberitaan mengenai Dave Laksono didominasi oleh tanggapannya terkait oknum Paspampres yang melakukan penculikan, penganiayaan hingga menyebabkan kematian terhadap warga sipil. Kemudian, Dave Laksono juga mendapatkan pemberitaan yang populis atas pernyataannya tentang strategi tempur TNI/Polri menghadapi KKB di Papua.

Selanjutnya ada pula pemberitaan tentang komentar Dave Laksono yang menyatakan polusi udara di DKI Jakarta turut merubah udara di ruang rapat DPR RI. Meskipun sudah menggunakan AC di dalam ruangan, ia tetap merasa kelembaban udara semakin pekat. Dave Laksono juga banyak disorot atas komentarnya terkait spekulasi terhadap dukungan Capres – Cawapres Partai Golkar terhadap Prabowo Subianto.

Posisi keempat ada nama Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Muhammad Sarmuji, selain menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VI DPR, Sarmuji juga merupakan Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur. Komisi VI DPR RI adalah komisi yang membidangi persoalan Industri, Investasi, dan Persaingan Usaha. Pemberitaan Sarmuji untuk Agustus 2023 adalah sebanyak 234 pemberitaan dengan reach mencapai 2,2 juta jangkauan.

Pemberitaan tentang Sarmuji di antaranya adalah mengenai konsolidasi Bacaleg yang digelarnya di beberapa wilayah seperti Malang Raya dan wilayah lain. Dalam agenda ini, Sarmuji banyak mengungkapkan mengenai target Golkar Jatim di Pemilu 2024. Turun gunungnya Pakde Karwo membantu Golkar Jatim dan mendampingi Sarmuji juga menjadi pemberitaan yang banyak menjadi perhatian publik.

Hal lainnya adalah pemberitaan tentang imbauan Sarmuji bagi para Caleg Partai Golkar di Jatim agar tak memunculkan kanibalisme politik. Sebagai sesama Caleg, penting bagi mereka untuk berkolaborasi. Kemudian ada apresiasi yang disampaikan Sarmuji terhadap ajakan Kepala BKPM dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia untuk investor lokal membangun infrastruktur dasar di IKN.

Pada Agustus 2023, kami melakukan pembaharuan dari yang sebelumnya ada 10 orang menjadi hanya 4 orang yang kami cantumkan. Penyempitan yang kami lakukan dalam rangka turut mensosialisasikan nomor urut 4 milik Partai Golkar. Hingga nomor 4 nanti akan menjadi top of mind di publik jika disebutkan terus menerus.

Daftar mengenai 4 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Periode Agustus 2023 Berdasar Kuantitas Pemberitaan

1. Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI
Total: 2.333 Pemberitaan
Reach: 17,1 Juta Jangkauan

2. Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII
Total: 261 Pemberitaan
Reach: 2,01 Juta Jangkauan

3. Dave Laksono
Anggota Komisi I DPR
Total: 241 Pemberitaan
Reach: 1,9 Juta Jangkauan

4. Sarmuji
Wakil Ketua Komisi VI DPR
Total: 234 Pemberitaan
Reach: 2,2 Juta Jangkauan {golkarpedia}