News  

Penumpang Panik AC dan Lampu Pesawat Rute Makassar-Jakarta Mati, Batik Air Minta Maaf

Maskapai Batik Air meminta maaf atas insiden Air Conditioner (AC) dan lampu pesawat rute Makassar-Jakarta mati pada Kamis (7/9). Kejadian itu viral di media sosial akhir pekan lalu dan bikin panik para penumpang.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan rute pesawat itu merupakan penerbangan berjadwal nomor ID-6293.

“Batik Air (kode penerbangan ID), anggota dari Lion Air Group, menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada semua tamu (sebutan penumpang) atas ketidaknyamanan yang terjadi,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (14/9).

Batik Air mengeklaim, seluruh pelaksanaan penerbangan mengikuti standar operasional prosedur yang ketat, dengan fokus utama pada keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang. Pesawat telah menjalani pemeriksaan menyeluruh sebelum keberangkatan dan telah dinyatakan dalam kondisi operasional yang aman.

Penerbangan tersebut berlangsung dengan lancar, dan pesawat mendarat secara normal di Bandara Soekarno-Hatta. Proses penanganan di darat dilaksanakan secara baik oleh tim layanan darat (ground staff).

Batik Air menjelaskan bahwa setelah pesawat mendarat dan diparkir di tempatnya, pemasokan tenaga listrik dari peralatan darat (ground power unit) mengalami gangguan yang tidak terduga, sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam menyediakan tenaga listrik tambahan untuk pesawat yang telah parkir dengan sempurna.

Batik Air segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan sebagai upaya penanganan hal dimaksud, termasuk penggantian peralatan. “Meskipun proses ini membutuhkan waktu tambahan, Batik Air memastikan bahwa semua langkah yang diambil dilakukan untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan penerbangan,” ujarnya.(Sumber)