Timnas Indonesia Bakal Jamu Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Sriwijaya

FIFA kembali mengubah venue pertandingan leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam.

Timnas Indonesia bakal bermain melawan Brunei Darussalam dalam dua pertemuan.

Pada leg pertama, Timnas Indonesia akan lebih dahulu berstatus tuan rumah.

Berdasarkan update dari laman resmi FIFA per Minggu (24/9/2023) pagi, laga Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam bakal dilangsungkan di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, atau dikenal juga sebagai Stadion Jakabaring.

Sebelumnya, berdasarkan pantauan di laman resmi FIFA pada Rabu (13/9/2023), venue pertandingan Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Laga tersebut bakal dilangsungkan pada Kamis (12/10/2023).

Sementara pada leg kedua, giliran Timnas Indonesia bertandang ke markas Brunei Darussalam.

Rencananya, duel Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia berlangsung di Sultan Hassanal Bolkiah Stadium, Bandar Seri Begawan, Selasa (17/10/2023).

 

Tangkapan layar dari laman resmi FIFA yang diambil pada Minggu (23/9/2023)

FIFA.com
Tangkapan layar dari laman resmi FIFA yang diambil pada Minggu (23/9/2023)

 

Andai sukses membungkam Brunei Darussalam, Timnas Indonesia akan lolos ke Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Di Grup F, Timnas Indonesia berjumpa Irak, Vietnam, dan Filipina.

Menurut laporan terakhir dari Tribun Sumsel, baik pihak PSSI Sumatra Selatan maupun pengelola Stadion Gelora Sriwijaya mengaku sudah siap menggelar laga leg pertama antara Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam.

“Kami menunggu surat resmi dari PSSI kalau memang oke. Kami maupun lapangan sudah siap, tinggal menyusun kepanitiaan,” ungkap Sekretaris Asprov PSSI Sumsel, Syahril Musa, pada Selasa (19/9/2023) dilansir BolaSport.com dari Tribun Sumsel.

Menurut Syahril Musa, pihaknya baru sebatas mendapatkan informasi terkait Gelora Sriwijaya dijadikan venue alternatif.

“Kalau memang sudah resmi, akan diberikan surat biar kami bisa menyusun kepanitiaan. Kalau kemarin wacananya seperti itu. Cuma kepastiannya belum. Kalau ada kepastian, nanti PSSI bersurat ke kami,” ujarnya.

Mantan Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Sumsel ini mengatakan tentunya senang jika nanti resmi ditunjuk jadi tuan rumah lagi.

“Memang stadion kami itu menjadi alternatif daripada stadion lain. Kami menunggu saja.”

“Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring itu selalu siap sejak kita tidak jadi menggelar Piala Dunia U-20 di Indonesia,” ujar Syahril.

“Jadi kapan pun bisa, yang penting ada pemberitahuan. Kami akan menggelar rapat Asprov, rapat Pemda, karena kaitannya dengan Pemerintah Daerah,” terangnya.

Terkait dengan gelaran kompetisi Liga 2 2023-2024, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring tengah menjadi kandang Sriwijaya FC.

Menurut Syahril, hal itu tidak menjadi kendala.

“Kalau main tidak bersamaan dengan jadwal Liga 2, tentu tidak mengganggu. Bisa saja,” ujar Syahril Musa.

“Tetapi kalau SFC main tanggal sekian, pertandingan Timnas ini juga sama tanggal sekian, itu tidak bisa.”

“Kita alihkan mungkin laga SFC yang pindah ke stadion atletik. Tinggal koordinasi pihak PT JSC dengan manajemen SFC,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Pemasaran dan Operasional PT JSC, Geri Radityo Suparudin, yang menyatakan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring siap.

“Gelora Sriwijaya Jakabaring siap untuk menjadi tuan rumah babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia,” kata Geri Radityo Suparudin.

JADWAL PLAY-OFF

LEG 1

Indonesia Vs Brunei
Kamis (12/10/2023) 19.00 WIB
Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang

LEG 2

Brunei Vs Indonesia
Selasa (17/10/2023) 20.15 WIB
Hassanal Bolkiah National Stadium, Bandar Seri Begawan

 

(Sumber)