News  

Anies Baswedan Kritik Keras Dunia Pendidikan Era Jokowi: Biayanya Mahal!

Bakal Capres dari koalisi AMIN, Anies Baswedan hadir dalam kegiatan diskusi publik IdeaFest 2023, di kawasan JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (30/9/2023).

Dalam diskusi itu, seorang panelis bernama Hanum melontarkan pertanyaan soal mutu pendidikan yang masih terbilang berkualitas rendah di era pemerintahan Jokowi ke Anies Baswedan.

“Pendidikan di Indonesia hingga saat ini masih jauh dari kata berkualitas, Pak Anies setuju?,” tanya panelis ke Anies Baswedan. “Pendidikan kalau bicara overall iya,” jawab Anies.

Tak hanya itu, sang panelis menyertakan mutu pendidikan yang ada saat ini lebih merujuk mencetak pabrik pekerja dibanding mutu kualitas manusianya.

Anies Baswedan pun mengomentari pertanyaan sang panelis terkait kondisi dunia pendidikan yang lebih merujuk menjadi pabrik pekerja. Capres dari koalisi AMIN itu menilai dunia pendidikan yang lebih merujuk menjadi pabrik pekerja bagi pelakunya memiliki banyak indikator.

Menurutnya, salah satu indikator yakni anggaran biaya pada sektor pendidikan pada era Pemerintahan Jokowi terus mengalami pengurangan.

Sehingga mutu pendidikan di tanah air terbilang hanya menjadi sebuah pabrik pencetak pekerja bagi para terpendidik. “Nomor satu, biaya pendidikan itu mahal education is expensive but stupidity is more expensive.

Jadi pendidikan memang mahal tapi kebodohan itu lebih mahal lagi nah kita harus mengalokasikan anggaran yang cukup untuk pendidikan kalau boleh saya tambahin dan kesehatan karena itu satu paket, kualitas manusia itu bukan hanya pendidikan saja tapi kesehatan,” kata Anies.

Di sisi lain, Anies Baswedan menunjukkan sebuah data yang dimilikinya dampak mahalnya pendidikan membuat minimnya kaum milenial yang dapat menempuh pendidikan pada bangku tingkat universitas.

“Contohnya saja data yg saya bawa milenials kita ini 86 juta, 40 persen lulusan SMA dan 40 persen lulusan SD, SMP, yg sarjana 14 persen,” pungkasnya. (Sumber)