News  

Masuki Fase ‘Bebek Lumpuh’, Sandera Politik ala Jokowi Tak Efektif Lagi Jadi Alat Pemaksa

Menjabat presiden dua periode, Joko Widodo alias Jokowi memiliki pengaruh yang besar. Kekuasaan yang dimilikinya bahkan mampu membuat lawan politiknya tunduk mengikuti arah kebijakan Jokowi.

Namun Koordinator JP98 Bandung, Zaenal Muttaqin memandang, jelang purnatugas, Jokowi mulai memasuki fase ‘bebek lumpuh” atau lame duck.

Salah satu indikasinya, Nasdem dan PKB yang masuk dalam koalisi pemerintah, saat ini mulai menunjukkan taringnya dengan berani mengusung bakal capres-cawapresnya sendiri.

“(Nasdem-PKB) Tanpa takut mendapat gangguan juga memberikan indikasi bahwa model sandera politik (Jokowi) sudah tidak efektif lagi menjadi alat pemaksa dalam mewujudkan keinginannya,” kata Zaenal saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (8/10).

Sebagai kader PDIP, Jokowi saat ini juga dianggap bermain dua kaki di Partai Gerindra yang dikomandoi Prabowo Subianto.

Namun permainan Jokowi yang terus mengolah Gerindra dan PDIP pada ujung kekuasaannya, justru dinilai Zaenal akan menjadi beban tersendiri.

“Akan ada tekanan balik yang menyebabkan permainan catur politik Jokowi justru menjadi backfire (menjadi bumerang),” demikian Zaenal.(Sumber)