News  

Sindir Dinasti Politik Jokowi, Rizal Ramli: Nasib Rakyat Dipermainkan Anak Bawang Tak Berkualitas

Meski sudah pernah dibantah, dinasti politik yang dibangun Presiden Joko Widodo tampaknya semakin subur. Jokowi terkesan sengaja membuat klannya sendiri.

Ambisi besar tersebut, menurut Begawan ekonomi Dr Rizal Ramli, telah membuat banyak pendukung dan relawan Jokowi yang kecewa berat. Bahkan tak sedikit dari dari kalangan pebisnis.

Pasalnya, selama menjabat hampir 10 tahun, Jokowi dinilai malah sibuk membangun kerajaan bisnis dan politik dengan cara-cara instan.

“Anak-anak mereka wajibkan mulai dari pabrik. Lebih brutal dan vulgar dari Orba,” tegas Rizal seperti dikutip redaksi melalui akun media sosial X miliknya, Rabu (11/10).

Setelah anak sulung Gibran Rakabuming Raka menjadi Walikota Solo, dan sang menantu Bobby Nasution duduk sebagai Walikota Medan, kini putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep jabat Ketua Umum PSI.

“Kok nasib rakyat dan bangsa dipermainkan dengan anak-anak bawang tidak berkualitas? KKN pula,” tegas Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu.

Dinasti politik Jokowi ini semakin menguat usai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, resmi mempersunting Idayati, sang adik kandung.

Tak heran publik menilai dinasti politik ini dapat memperburuk pemerintahan kalau kandidat yang tidak memenuhi syarat hanya memanfaatkan sokongan anggota keluarga yang berpengaruh.(Sumber)