5 Alasan MotoGP Mandalika 2023 Bakal Lebih Berkelas Daripada MotoGP Thailand 2023

SEBANYAK 5 alasan MotoGP Mandalika 2023 bakal lebih berkelas ketimbang MotoGP Thailand 2023 akan diulas Okezone. Sejatinya, MotoGP Mandalika 2023 telah rampung digelar pada Minggu (15/10/2023) lalu di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) sukses menjadi pemenang MotoGP Mandalika 2023. Sementara itu, MotoGP Thailand 2023 baru akan segera bergulir pada 27-29 Oktober 2023 di Sirkuit Buriram. Kendati demikian, ada 5 alasan yang membuat GP Indonesia 2023 bakal lebih berkelas ketimbang GP Thailand 2023. Apa saja alasannya?

Berikut 5 Alasan MotoGP Mandalika 2023 Bakal Lebih Berkelas ketimbang MotoGP Thailand 2023:

5. Dikelilingi Panorama yang Indah

Alasan pertama tentu karena Sirkuit Mandalika dikelilingi panorama yang indah tepat di dekat perbukitan laut. Tak sedikit orang yang memuji keindahan Sirkuit Mandalika ketika menggelar MotoGP Mandalika 2023 lalu karena tidak dimiliki oleh sirkuit MotoGP lainnya.

Para pembalap MotoGP Mandalika 2023 pun bisa menikmati beberapa pantai yang eksotis selama berada di Lombok. Hal ini jadi perbedaan mencolok dengan MotoGP Thailand 2023 di Sirkuit Buriram yang tak berada di dekat pantai hingga pegunungan.

4. Aspal Sangat Mendukung

Sirkuit Mandalika sangat mendukung karena menggunakan teknologi aspal yang canggih bernama Stone Mastic Asphalt (SMA). Sehingga, risiko kecelakaan di Sirkuit Mandalika menjadi lebih berkurang karena memiliki antilicin saat hujan.

Meskipun, pada MotoGP Mandalika 2023 lalu tidak hujan. Namun, ada sejumlah pembalap yang terjatuh seperti Marc Marquez hingga Jorge Martin. Hal ini terjadi karena sejumlah pembalap tersebut melakukan kesalahan.

3. Banyak Tikungan

Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 km itu memiliki banyak tikungan dengan total 17 belokan. Di antaranya, 6 tikungan ke kiri dan 11 tikungan ke kanan. Sehingga, para pembalap MotoGP Mandalika 2023 harus bekerja keras untuk menaklukkan sirkuit tersebut.

Sementara itu, Sirkuit Buriram hanya memiliki 12 tikungan. Hal itu membuat Valentino Rossi mencap Sirkuit Buriram kurang menarik karena lebih banyak trek lurus ketimbang tikungan. “Sirkuit Buriram sangat membosankan, di sana hampir tak ada tikungan dan hanya ada trek lurus panjang,” kata Valentino Rossi, dikutip dari Marca.

2. Memiliki Trek yang Menantang

Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika memiliki trek yang menantang dan tidak membosankan. Hal ini membuat para rider MotoGP Mandalika 2023 sangat terpacu saat menunggangi motornya. Hal itu pun turut diakui oleh Marc Marquez dalam sebuah wawancara saat berada di Sirkuit Mandalika.

“(Bagian paling menantang) tikungan 5, 6, dan 7. Ini adalah belokan ke kanan sebanyak tiga kali. Sangat cepat dan kecepatan motor juga meningkat terus dan itu bagi saya sangat sulit,” kata Marc Marquez, mengutip dari laman resmi Repsol Honda beberapa waktu lalu.

1. Dipuji Dorna Sports karena Peningkatan Fasilitas

Sirkuit Mandalika

MotoGP Mandalika 2023 dipuji Dorna Sports karena mengalami peningkatan di berbagai apsek khususnya fasilitas. Pujian tersebut diungkapkan oleh Chief Sporting Officer Dorna Sports, Carlos Ezpeleta. Ia mengapresiasi perubahan yang terjadi di Sirkuit Mandalika.

“Tahun (2023) ini, dengan perbaikan yang kami lakukan pada aspal dan persiapan, juga seiring dengan perluasan wilayah sekitar dengan lebih banyak jalan dan lebih banyak hotel, dengan semua pengalaman tim lokal, menjadi lebih mudah dan akan meningkat setiap tahunnya. Tahun ini jauh lebih mudah pastinya,” kata Carlos Ezpeleta, mengutip dari laman resmi Pertamina.(Sumber)