Red Bull Sewa Pengawal Tambahan Amankan Max Verstappen Dari Fans Jelang F1 GP Meksiko 2023

Formula One F1 - Mexico City Grand Prix - Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City, Mexico - October 26, 2023 Red Bull's Max Verstappen and Sergio Perez ahead of the Mexico City Grand Prix REUTERS/Raquel Cunha

JELANG F1 GP Meksiko 2023, Red Bull Racing sewa pengawal tambahan untuk amankan Max Verstappen dari kegilaan fans. Sang juara dunia 2023 itu pun menyampaikan pesan kepada para fansnya agar menghormati para pembalap.

Verstappen sukses menjadi juara dunia F1 untuk tiga musim secara beruntun setelah memenangkan edisi tahun ini. Sang pembalap asal Belanda juga baru saja memenangkan balapan sprint dan utama pada F1 GP Amerika Serikat 2023 pada akhir pekan lalu.

Di sisi lain, Perez mengalami penurunan performa di musim ini meski mengendarai mobil yang sama dengan Verstappen. Alhasil, masa depannya dikabarkan belum jelas dan dirumorkan bakal didepak dari RBR musim depan.

Ketimpangan performa Perez dan Verstappen mungkin menjadi alasan bagi para fans Checo -sapaan Perez- untuk membenci Verstappen. Terlebih, ketegangan antara kedua pembalap RBR itu diungkap dalam serial Netflix ‘Drive to Survive’.

Saking geramnya, fans dari Meksiko memperlihatkan perilaku yang tidak terhormat dalam GP Amerika Serikat 2023 lalu. Ketika lagu kebangsaan Belanda dikumandangkan atas kemenangan yang diraih Verstappen, mereka malah meneriakkan ‘Checo, Checo’.

Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga, pihak RBR mengumumkan bahwa Verstappen, bersama Christian Horner (Kepala Tim RBR) dan Helmut Marko (Penasihat Olahraga RBR), bakal diberikan pengawal tambahan selama GP Meksiko 2023.

Pasalnya, mereka khawatir dengan keselamatan sang pembalap serta para petinggi mereka.

Kendati demikian, Verstappen mengaku tetap mendapat sambutan yang hangat dari para penggemar F1 ketika dia tiba di Meksiko pada awal pekan ini. Juara F1 2021, 2022 dan 2023 itu tak menerima perilaku buruk apa pun dari mereka.

“Sungguh luar biasa. Saya di sini untuk melakukan pekerjaan saya dan sambutannya luar biasa seperti biasanya,” kata Verstappen dilansir dari France24, Jumat (27/10/2023).

Meski begitu, Verstappen tetap menitipkan pesan kepada mereka. Dia ingin perilaku baik itu terus dijaga agar momen tak terhormat yang ditunjukkan kepadanya saat naik podium GP Amerika Serikat 2023 lalu tak terulang lagi.

“Saya pikir menunjukkan dukungan kepada pembalap favorit Anda adalah hal yang baik, tetapi Anda harus selalu menunjukkan rasa hormat kepada yang lain dan terutama di podium dan saat lagu kebangsaan dinyanyikan karena hal itu sangat tidak sopan pada saat-saat seperti itu,” jelas pembalap berusia 26 tahun itu.

Max Verstappen

“Secara umum, saya pikir kita perlu meningkatkan kesadaran tidak hanya di sini tapi juga di olraga lain,” tambahnya.

Verstappen juga menyampaikan bahwa pesan perdamaian antar fans dan pembalap ini sangatlah penting. Menurutnya ketegangan yang terjadi selama balapan tak seharusnya dibawa sampai keluar lintasan.

“Sangat penting bagi kita untuk menyampaikan pesan ini, pesan yang tepat. Saya tahu media suka menciptakan persaingan, namun kami berada di sini dalam olahraga yang hebat dan kami harus memberikan contoh kepada generasi muda,” jelas pembalap kelahiran Belgia itu.

“Apa yang terjadi di lintasan harus tetap berada di lintasan sehingga kita dapat memberikan contoh kepada seluruh dunia,” pungkasnya.

(Sumber)