News  

Ikatan Pedagang Pasar se-Indonesia Deklarasi Dukung Anies-Muhaimin

Dukungan untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) meluas. Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) ikut ambil bagian menyokong pasangan dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu.

“Terima kasih para pedagang pasar, karena telah menjadi pemasok kebutuhan pangan seluruh rakyat indonesia, dan terdepan memastikan rumah tangga kita dapat memenuhi kebutuhan pokok dengan baik,” kata Anies, saat menerima deklarasi dukungan itu, di El Hotel Royale, Kelapa Gading, Selasa (7/11).

Menurutnya, negara harus memiliki petunjuk yang dikerjakan hingga tingkat daerah, dan itu diterjemahkan ke dalam bahasa komunikasi yang bisa dipahami semua, sehingga kebijakan untuk membesarkan pasar tradisional dikerjakan sejalan dari pusat hingga daerah.

“Kami sadar, tantangan pasar tradisional cukup besar, kenapa? Selama ini negara tak memberi arahan ideologi apa yang dianut sampai ke tingkat daerah, hingga membuat semua bergerak tanpa arah,” jelasnya.

“Sedangkan kita ingin pasar tradisional dijaga dan dibesarkan. Pikiran tentang ekonomi kerakyatan harus diterjemahkan dalam mantra sederhana, yaitu membesarkan yang kecil tanpa mengecilkan yang besar, sehingga langsung berpengaruh pada kebijakan yang dibuat,” paparnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berjanji, Amin akan melakukan perubahan terhadap pasar tradisional, yakni menggandeng seluruh pihak dan memegang ideologi serta gagasan membesarkan yang kecil, tanpa mengecilkan yang besar.

“Ke depan, kita harus bangun ekosistem ekonomi rakyat dan pasar tradisional yang sehat. Caranya, kolaborasi dengan pelaku, peneliti, badan-badan yang mengelola, Ikappi, dan sebagainya,” tegas Anies.

Sementara itu, Ketua Umum Ikappi, Abdullah Mansuri, menginstruksikan seluruh pedagang pasar tradisional untuk mendukung pasangan Amin, Ikappi bahkan telah membentuk simpul relawan pasar (Pasukan Anies Muhaimin Iskandar) yang siap bekerja memenangkan Amin.

“Sampaikan hasil Rapimnas ini, sampaikan pada unit terkecil, bahkan ke pembeli, sampaikan bahwa pedagang akan maju ke depan, mewakili pak Anies, mendukung perubahan, Ikappi telah menentukan pilihan dan siap berjuang,” tandas Mansuri.(Sumber)