Kisah Valentino Rossi Buktikan Diri Jadi Juara Dunia Dengan Motor Butut Yamaha

KISAH Valentino Rossi buktikan diri jadi juara dunia dengan motor butut Yamaha. Pengamat MotoGP Matteo Guerinoni bahkan menyebut The Doctor – julukan Rossi – seperti mengendarai motor bebek.

Valentino Rossi merupakan salah satu tokoh paling ikonik di MotoGP. Selama aktif balapan, Rossi sukses memenangkan sembilan gelar juara dunia di semua kelas.

Valentino Rossi

Di MotoGP, Rossi memenangkan tujuh gelar juara dunia. Pada tahun 2001 hingga 2003, Rossi sukses memenangkan gelar juara dunia secara beruntun dalam tiga tahun.

Rossi melakukannya bersama Honda pada saat itu. Namun, masih ada komentar-komentar miring mengenai dirinya karena menurut sejumlah orang, Rossi hanya menang karena punya motor terbaik di grid.

Pengamat MotoGP Matteo Guerinoni berkisah kembali bagaimana Rossi membuktikan para pembencinya pada saat itu. The Doctor memilih hijrah ke Yamaha, yang pada saat itu tengah terpuruk, dan langsung juara dunia pada 2004

“Kenapa dia pindah ke Yamaha? Karena semua orang bilang bahwa Valentino Rossi itu bisa menang karena memang dia punya skill. Memang dia bagus, tapi dia punya motor yang paling bagus. Dia marah-marah dan pindah ke Yamaha yang tak pernah juara dunia selama 15 tahun,” kata Guerinoni, dilansir dari sebuah wawancara MSGP YouTube.

Guerinoni menjelaskan betapa jeleknya motor Yamaha pada saat itu. Dia menggambarkan situasi tersebut bagaikan motor bebek menghadapi motor bermesin pesawat buatan Honda, yang pada saat itu punya motor terbaik.

“Motor yang paling jelek [pada saat itu] dan pada tahun pertama, dia langsung bisa juara dunia dengan susah payah melawan semua [motor] Honda yang bisa melewatinya seperti pesawat dan dia [Rossi] kayak naik bebek,” jelas Guerinoni.(Sumber)