News  

Safari ke NTT, Ganjar Napak Tilas Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende

Napak tilas sejarah, menjadi perjalanan kampanye calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Dia mengunjungi Rumah Pengasingan Proklamator Ir. Soekarno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (2/12).

Ganjar meninjau berbagai peninggalan Bung Karno ketika pendiri bangsa Indonesia itu diasingkan oleh Belanda dan menjadi tahanan politik pada tahun 1934-1938 lalu.

“Setiap kita ke Ende pasti kita ke situsnya dan di sinilah 4 tahun kurang lebih Bung Karno berada,” kata Ganjar.

Diceritakan Ganjar, koleksi benda dan bangunan masih tersusun rapi dalam rumah tersebut. Di antaranya setrika, ketel, piring-piring, tongkat, lampu, pegangan korang, lukisan, hingga biola.

Ada juga sumur yang menjadi tempat Bung Karno memenuhi kebutuhan airnya. Ganjar pun sempat membasuh wajah dan kakinya dari air sumur tersebut.

Politisi PDI Perjuangan itu, mengajak masyarakat untuk menghargai perjuangan para pendiri bangsa dengan tidak korupsi dan nepotisme.

Sehingga, lanjut Ganjar yang maju Pilpres 2024 bersama Mahfud MD, pemikiran yang ditorehkan Bung Karno dalam renungannya benar-benar diterapkan.

“Jangan korupsi, jangan kolusi, jangan nepotisme, karena di sinilah pahlawan kita menyerahkan seluruh harta, nyawa, tenaga, pikiran, semuanya, kita harus menghormati mereka,” pungkasnya.(Sumber)