News  

Prabowo-Gibran Berhasil Bangun Basis Baru di Jateng, PDIP dan Ganjar Ditinggal

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berhasil membangun basis pemilih baru dari wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Tak tanggung-tanggung, dukungan terbaru untuk Prabowo-Gibran berasal dari ratusan kader dan simpatisan PDIP di Kabupaten Pekalongan, Jateng.

Dukungan untuk Prabowo-Gibran itu didapatkan dari ratusan kader dan simpatisan PDIP di Jateng.

Mereka serempak memberikan dukungannya kepada Prabowo-Gibran karena menilai pasangan tersebut layak untuk melanjutkan legasi Presiden Jokowi.

Melihat fenomena tersebut, Peneliti Citra Institute, Efriza mengatakan, kini basis PDIP di Jateng perlahan mulai terkikis.

Besarnya dukungan masyarakat hingga kader dan simpatisan PDIP mendukung Prabowo-Gibran menandakan Jateng kini sudah tidak didominasi oleh satu partai politik saja.

“Ini memang tanda sinyal basis banteng di Jawa Tengah mulai mengalami penurunan suara. Ini menunjukkan Prabowo memilih pasangan Gibran, perlahan berhasil membangun basis pemilih baru di Jawa Tengah yang merupakan kandang banteng,” kata Efriza, ketika dihubungi, Minggu (3/12/2023).

Efriza melanjutkan, dukungan kepada Prabowo-Gibran di Jateng ini menjadi ancaman serius bagi Ganjar Pranowo sekaligus PDIP. Dengan adanya faktor Gibran dan Presiden Jokowi, wilayah Jateng kemungkinan besar bisa diambil oleh Prabowo-Gibran.

Oleh karena itu, Efriza menegaskan, dukungan yang melimpah dari masyarakat Jateng hingga kader dan simpatisan PDIP ini membawa keberuntungan bagi Prabowo-Gibran. Namun, di sisi lain, PDIP dan Ganjar terus mengalami kemerosotan.

“Ini semestinya perlu diantisipasi oleh Ganjar dan PDIP, untuk mengupayakan menaikkan elektabilitas Ganjar kembali,” ujar Efriza.

Sebelumnya, ratusan kader dan simpatisan PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah (Jateng) bersatu mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang satu putaran di Pilpres 2024.

Para kader dan simpatisan PDIP yang memakai baju merah bertuliskan Wayahe Prabowo-Gibran itu solid satu suara memberikan dukungan kepada Prabowo-Gibran untuk menjadi Presiden-Wakil Presiden RI 2024-2029.

“Kader dan simpatisan PDI Perjuangan Pekalongan Jawa Tengah memberikan dukungan penuh kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada periode 2024-2029,” kata Koordinator Kader dan Simpatisan PDIP Jateng, Titi Setiasih. (Sumber)