News  

Terdampak Isu Boikot Israel, Pizza Hut Indonesia Luncurkan 21 Resto ‘Ristorante’

Pizza Hut Indonesia menghadirkan 21 resto berkonsep baru bernama Ristorante. Ristorante baru diluncurkan di berbagai wilayah di Indonesia secara serentak pada 1 Desember 2023.

Direktur Operasional Pizza Hut Indonesia, Boy Lukito, mengatakan Ristorante merupakan manifestasi dari inovasi lokal, sebuah ide yang diciptakan oleh Pizza Hut Indonesia.

“Yang dirumuskan dan dijalankan oleh orang Indonesia, untuk masyarakat Indonesia,” kata Boy Lukito dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (14/12).

Diluncurkannya Ristorante tak berselang lama setelah Pizza Hut Indonesia dihujani isu boikot produk yang disebut terafiliasi dengan Israel. Manajemen Pizza Hut Indonesia menegaskan perusahaan terkena dampaknya.

Di Indonesia, Pizza Hut berada di bawah naungan PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA). Boy Ardhitya sebelumnya mengatakan simpang siur informasi produk pro Israel itu berimbas pada turunnya kinerja penjualan Pizza Hut.

Menurut dia, pemerintah lambat dalam menangani permasalahan boikot ini, sehingga kinerja perusahaan di berbagai industri telanjur terdampak atas hal ini.

“Kelambatan kehadiran pemerintah untuk segera mengklarifikasi atau menjembatani dari apa teriakan-teriakan masyarakat atau tuduhan masyarakat dengan kenyataan yang faktual yang kenyataan sebenarnya jadinya memang berimbas ke semuanya,” tuturnya.

Efek negatif boikot terhadap perusahaan-perusahaan yang dituding pro Israel tersebut juga nampak di pasar saham. Saham Pizza Hut di bawah PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA) turun sekitar 6 persen. Harga per lembar saham terendah di angka Rp 398 pada 30 November dengan rata-rata kini Rp 414.(Sumber)