4 Alasan Motor BMW Tak Ikut Balap MotoGP, Takut Kalah Dari Tim Pabrikan Lain?

ADA 4 Alasan tim pabrikan BMW tidak ikut balapan di MotoGP menarik untuk diulas lebih lengkap. Perlu diketahui pabrikan asal Jerman ini tidak pernah menampakan diri untuk berkompetisi dalam dunia balap MotoGP.

Padahal diketahui pabrikan tersebut banyak membuat unit balap dengan tenaga dan akselerasi yang brutal. Namun mengapa BMW enggan ikut dalam ajang balap bergengsi MotoGP ?

Simak informasi selengkapnya melalui ulasan satu ini. Berikut Okezone telah merangkum beberapa sumber, Kamis (14/12/2023) terkait alasan motor BMW tidak ikut balap di MotoGP.

Berikut 4 Alasan motor BMW tidak ikut Balap di MotoGP, Mengutip dari One Stop Racing:

Melansir dari laman resmi One Stop Racing, berikut beberapa alasan pihak pabrikan otomotif

4. Menghabiskan Banyak Uang untuk Dapat Berprestasi di MotoGP

Alasan pertama di balik tim Pabrikan BMW tidak mau ikut dalam balap MotoGP karena cukup menghabiskan banyak uang untuk menghasilkan prestasi.

CEO BMW Motorrad sebelumnya, Stephan Schaller, dalam berbagai wawancara sempat menyebutkan bahwa mengeluarkan uang untuk lebih banyak kompetisi dengan sifat dan status berbeda akan menghasilkan jangkauan pelanggan yang lebih luas, ketimbang hanya menghabiskan dana tersebut untuk satu atau dua balapan di MotoGP.

 

3. Masa Kelam Proyek Mendukung Tim Balap CRT

Alasan kedua pihak pabrikan BMW enggan untuk gabung dalam ajang bergengsi MotoGP karena faktor masa kelam di era 2012 silam. Pada tahun tersebut BMW pernah mencoba eksperimen dengan bekerjasama sebagai penyuplai mesin untuk tim NGM Mobile Forward Racing.

Namun yang terjadi proyek tersebut ternyata tidak membuahkan hasil. Pada akhirnya BMW hengkang dari kompetisi tersebut dan fokus pada penjualan saja.

2. MotoGP Tidak Relevan dari Sektor Bisnis

Alasan ketiga BMW tidak ingin terlibat dalam kejuaraan MotoGP karena dianggap tidak relevan dari sektor bisnis mereka. Sebab akan banyak pengeluaran, kesalahan teknis maupun human error yang berdampak pada sektor penjualannya.

Karena itu CEO BMW Motorrad sebelumnya, Stephan Schaller memilih untuk mengalokasikan bisnis, waktu, uang dan tenaga ke tempat lain yang berhubungan dengan exposure brand.

Para pembalap MotoGP

1. Sangat Menjaga Reputasi Brand

Alasan keempat pihak pabrikan BMW tidak tertarik bergabung dalam kompetisi bergengsi dunia MotoGP karena sangat menjaga reputasi brand. Sebab apabila publik melihat BMW tidak mampu bersaing dan tidak cukup tangguh di balapan MotoGP maka akan berimbas besar pada penjualan produk mereka yang selalu berada di tren positif.

Tidak hanya itu saja, keuntungan yang akan didapat pihak pabrikan akan tidak sebanding dengan kerugiannya jika tak mampu bersaing dengan Pabrikan lain. Hal itu secara tidak langsung memaknai bahwa BMW idak mau merugi dengan risiko yang besar. Apalagi jika itu bisa mempengaruhi reputasi mereka di dunia otomotif.(Sumber)