News  

Batagor Didaulat Jadi Jajanan Terenak Nomor 1 di Dunia Tahun 2023

Batagor merupakan jajanan asal Indonesia. Makanan khas Bandung ini menambah sederet panjang daftar kuliner yang turut memperkenalkan Indonesia ke kancah dunia.

Singkatan dari bakso tahu goreng itu dinobatkan sebagai salah satu jajanan atau camilan terenak di dunia tahun 2023 versi TasteAtlas. Ini merupakan sebuah situs yang menyediakan informasi dan peringkat tentang berbagai jenis makanan dari seluruh dunia.

Untuk kategori snack terbaik tahun ini, TasteAtlas, mengumumkan bahwa peringkat pertamanya adalah camilan asal Indonesia yaitu batagor.

“Batagor Indonesia adalah camilan terbaik di dunia pada tahun 2023,” tulis akun Instagram @tasteatlas.
Masih dalam unggahan tersebut, dijelaskan bahwa batagor merupakan salah satu camilan paling terkenal di Indonesia. Batagor memiliki akar dalam tradisi kuliner Tionghoa yang telah memberikan pengaruh mendalam pada berbagai hidangan di Indonesia.

Pengaruh ini terlihat dalam keunikan rasa dan teknik memasak yang menjadi ciri khas batagor. Meskipun memiliki kemiripan dengan pangsit Tionghoa, batagor dibedakan dari cara pengolahannya, yaitu digoreng, tidak seperti pangsit Tionghoa yang umumnya dikukus.

Ikan yang umum digunakan untuk membuat hidangan ini adalah ikan tenggiri, tuna, makerel, dan juga udang. Kemudian hidangan ini juga dilengkapi dengan kentang, tahu, atau kol.

Batagor adalah camilan yang sempurna karena cara penyajiannya. Ketika digoreng, pangsit-pangsit tersebut dipotong menjadi potongan kecil yang bisa dimakan sekaligus dan disiram dengan saus kacang, kecap, dan cabai dengan tambahan air jeruk nipis.

TasteAtlas mencatat hingga 29 November 2023, telah tercatat sebanyak 40.392 penilaian terkait camilan terbaik di dunia, di mana 28.228nya diakui oleh sistem sebagai penilaian yang sah. Ya, dalam penilaiannya TasteAtlas memang berdasarkan pada penilaian oleh penonton.

Situs ini juga memberikan nilai tambah untuk penilaian yang dilakukan oleh pengguna yang dianggap sebagai penikmat makanan yang berpengetahuan.

Nah, berikut ini daftar 10 camilan terbaik di dunia 2023.
1. Batagor (Bandung, Indonesia)
2. Kepta Duona (Lithuania)
3. Guotie (China)
4. Roti Canai (Malaysia)
5. Pao de queijo (Minas Gerais, Brazil)
6. Esquites (Mexico)
7. Pempek (Palembang, Indonesia)
8. Karipap (Malaysia)
9. Zeytoon Parvardeh (Gilan Provincen, Iran)
10. Hamamatsu Gyoza (Hamamatsu, Japan)

(Sumber)