Tak Diunggulkan, Aprilia Dinilai Hanya Akan Jadi Pemanis Saja di MotoGP 2024

TIM Aprilia Racing tak diunggulkan pada MotoGP 2024. Eks pembalap MotoGP, Loris Reggiani, menilai Aprilia hanya akan kembali jadi pemanis saja pada musim depan.

Padahal, Aprilia sebenarnya sempat mengejutkan kontestasi MotoGP pada musim 2022. Pasalnya, rider andalan mereka, yakni Aleix Espargaro, sempat masuk perburuan mahkota juara lantara performanya yang moncer.

Namun pada akhirnya, Espargaro harus puas finis di posisi empat pada papan klasemen akhir pembalap. Sementara di klasemen konstruktor, Aprilia finis posisi tiga. Mereka kalah saing dari Ducati yang sukses mengawinkan gelar, baik di papan pembalap maupun konstruktor.

Performa itu membuat Aprilia digadang-gadang akan kembali memanaskan perburuan gelar juara di MotoGP 2023. Tapi nyatanya, performa mereka justru melempem. Lagi-lagi, mereka kalah saing dari Ducati yang merupakan tim pabrikan asal Italia juga.

Kondisi ini membuat Reggiani yang merupakan mantan rider Aprilia berkomentar mengenai nasib mantan timnya pada musim depan. Menurutnya, performa tim pabrikan asal Italia ini tidak akan jauh berbeda seperti musim lalu. Dia merasa kalau Aprilia tetap akan menjadi pemanis.

“Menurut saya, peran Aprilia ditakdirkan untuk tetap seperti musim lalu, yang meskipun di luar prediksi. Performa mereka sedikit menurun jika dibandingkan 2022. Di mana Espargaro diperkirakan akan berusaha memenangkan kejuaraan sejak lama,” kata Reggiani, dilansir dari Motosan, Rabu (10/1/2024).

Banyak opini mengatakan bahwa performa Aprilia pada musim lalu yang jauh dari ekspektasi karena duo ridernya yang kurang bagus. Tapi, Reggiani menilai kalau ada faktor lain yang menghantui mereka.

“Banyak yang berpendapat bahwa ini juga merupakan masalah pembalap, bahwa Aleix dan Vinales bukanlah orang yang tepat untuk mendambakan gelar tersebut, namun menurut saya bukan itu masalahnya,” ujarnya.

Aleix Espargaro

Namun begitu, Reggiani berharap performa Aprilia bisa meningkat pada MotoGP 2024. Dia cukup yakin mantan timnya ini bisa kembali bersaing dalam perburuan gelar juara dengan memenangkan balapan demi balapan.

“Saya penasaran untuk melihat pekerjaan apa yang dilakukan di Noale beberapa bulan ini. Karena seperti Yamaha dan Honda, jika Anda diam saja, Anda akan menghilang dari radar. Bagi saya, Aprilia akan berjuang untuk beberapa kemenangan lagi,” tandas Reggiani.

(Sumber)