News  

Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf: Jangan Pilih Capres Yang Didukung Abu Bakar Ba’asyir dan Amien Rais

Sekjen PBNU Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul menyerukan agar masyarakat tidak memilih capres yang didukung oleh Abu Bakar Ba’asyir dan Amien Rais.

Hal itu disampaikan Gus Ipul saat dikonfirmasi pada Rabu (17/1).

“Enggih (benar seruan tak memilih pemimpin yang didukung Ba’asyir dan Amien Rais),” kata Gus Ipul.

Gus Ipul menjelaskan alasannya. Menurutnya, capres yang bakal dipilih harus benar-benar mencerminkan cara berpikir dan bermazhab ahlussunah waljamaah (aswaja).

“Pastikan bahwa paslon yang kita pilih itu sesuai dengan cara bermazhab dan berpikirnya NU. Pilih dan pilah semua info yang ada agar kita tidak tersesat karena berita-berita hoaks,” jelas Gus Ipul.

Kiri-kanan: Mensesneg Pratikno, Ketum PBNU Yahya Staquf, Presiden Jokowi, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf, dalam sebuah acara di Istana Bogor, 4 Januari 2024. Foto: Instagram/@gusipul_id
Kiri-kanan: Mensesneg Pratikno, Ketum PBNU Yahya Staquf, Presiden Jokowi, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf, dalam sebuah acara di Istana Bogor, 4 Januari 2024. Foto: Instagram/@gusipul_id
Warga NU, kata Gus Ipul, diharapkan bisa mengetahui secara pasti calon mana yang seiring sejalan dengan kepentingan Indonesia dan kepentingan NU.
“Jangan kita mendukung pasangan yang didukung oleh orang-orang yang berseberangan dengan cara berpikirnya orang NU. Seperti calon yang didukung Abu Bakar Ba’asyir misalnya, apalagi ada Amien Raisnya juga,” kata Wali Kota Pasuruan ini.

Kelompok yang selama ini berseberangan dengan NU harus dihindari.

Kita harus waspada pada kelompok lain yang berseberangan dengan NU apalagi cuma diiming-iming posisi wakil presiden. Jangan mau pilih kelompok ini,” kata Gus Ipul.
Gus Ipul tak menyebutkan nama paslon yang dimaksudnya. Namun, pernyataannya mengarah ke paslon 01 Anies-Muhaimin (AMIN).

Gus Ipul dan Muhaimin sama-sama keponakan pendiri PKB, Gus Dur, tapi kemudian berselisih jalan seiring perpecahan di tubuh PKB. Hingga kemudian Gus Ipul hengkang ke PPP.

Gus Ipul Imbau Warga NU Gunakan Hak Pilih

Lebih jauh, Gus Ipul mendorong agar warga NU menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari. Warga NU diminta bijak dalam menentukan pilihannya.

“Kita ingin warga NU mencoblos pada tanggal 14. Kita berharap semua warga NU hadir dan menggunakan hak pilihannya dengan sungguh-sungguh memperhatikan semua paslon yang ada,” kata Gus Ipul.

 

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) bersama Wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kanan) menjawab pertanyaan peserta pada acara Resolusi Indonesia di Jakarta, Jumat (5/1/2024).  Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) bersama Wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kanan) menjawab pertanyaan peserta pada acara Resolusi Indonesia di Jakarta, Jumat (5/1/2024). Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Capres yang Didukung Ba’asyir dan Amien Rais

Capres yang didukung oleh Ba’asyir dan Amien adalah paslon 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Dukungan Ba’asyir yang juga pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, terungkap dalam rekaman suara Abu Bakar Ba’asyir di akun TikTok @aniesvisioner.

Saat dikonfirmasi ke putra Abu Bakar Ba’asyir, Abdul Rohim Ba’asyir, ia membenarkan jika suara dalam rekaman itu adalah suara ayahnya. Dukungan itu diucapkan oleh Abu Bakar Ba’asyir saat menjawab pertanyaan jemaah.

“Itu terjadi ketika [Abu Bakar] Ba’asyir sedang menjawab pertanyaan jemaah yang menghubunginya lewat sambungan telepon sepekan lalu terkait dukungannya di Pilpres 2024 mendatang,” kata Rohim saat dikonfirmasi, Selasa (16/1).

Rohim menjelaskan, ayahnya memutuskan mendukung paslon AMIN setelah melakukan renungan jelang Pilpres 2024. Abu Bakar Ba’asyir juga mantap dengan keputusannya setelah mencari informasi dari sejumlah pihak dan melihat berita di media.

Abu Bakar Ba'asyir menghadiri upacara HUT Ke-77 RI di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo. Foto: Dok. Istimewa
Abu Bakar Ba’asyir menghadiri upacara HUT Ke-77 RI di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo. Foto: Dok. Istimewa

Sedangkan Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais, menyebut partainya mendukung pasangan AMIN.

“Partai Ummat akan mendukung kemenangan AMIN, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar,” kata Amien Rais dalam konferensi pers di Yogyakarta, Rabu (18/10/2023).

Amien meyakini, Allah akan menentukan siapa pemenang di Pilpres 2024. Ia yakin, pasangan AMIN akan terpilih menjadi pemimpin penerus Jokowi.

“Kita hanya bisa berusaha, bekerja sejauh mungkin. Tapi final decision dari Allah,” ucap Amien.

 

Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais di acara Dialog Kampanye Perubahan di Gedung Joeang 45, Jumat (27/10/2023). Foto: Haya Syahira/kumparan

Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais di acara Dialog Kampanye Perubahan di Gedung Joeang 45, Jumat (27/10/2023). Foto: Haya Syahira/kumparan