News  

Cak Imin: Memalukan! Ucapan Gus Ipul Tak Konsisten Dengan PBNU Yang Netral

Cawapres 01 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) merespons pernyataan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang meminta agar masyarakat tidak memilih capres yang didukung oleh Abu Bakar Ba’asyir dan Amien Rais.

Menurut Cak Imin, pernyataan Gus Ipul bertentangan dengan komitmen awal PBNU akan netral dalam Pilpres 2024. Ia juga menuding Gus Ipul mengada-nada dalam membuat pernyataan.

“Saya kira itu mengada-ada dan tidak konsisten dengan statement sebelumnya bahwa PBNU netral,” kata Cak Imin saat ditemui di Senayan Park, Jakarta Pusat, Rabu (17/1).

Cak Imin mengatakan, pernyataan itu malah menunjukkan Gus Ipul tidak konsisten. Padahal, sejak awal sikap PBNU jelas netral sebagai sebuah lembaga.

Keberpihakan itu memalukan. Karena sejak awal PBNU itu seharusnya tak harus berpihak.
–Cak Imin.

Sebelumnya Gus Ipul mengatakan, alasannya menyerukan ajakan itu adalah agar warga NU bisa mengetahui secara pasti calon mana yang seiring sejalan dengan kepentingan Indonesia dan kepentingan NU.

“Jangan kita mendukung pasangan yang didukung oleh orang-orang yang berseberangan dengan cara berpikirnya orang NU. Seperti calon yang didukung Abu Bakar Ba’asyir misalnya, apalagi ada Amien Raisnya juga,” kata Gus Ipul.(Sumber)