Mercedes-AMG Petronas Rilis Livery Baru, Kembali Gunakan Warna Perak di F1 2024

Mercedes-AMG Petronas resmi merilis tim mereka di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 14/2/2024) untuk mengarungi F1 2024. Mobil anyar W15 pun diperkenalkan kepada publik untuk kali pertama dalam acara tersebut.

Di F1 2024, Mercedes masih akan mengandalkan duet pembalap, Lewis Hamilton dan George Russel. Ini akan menjadi tahun terakhir kebersamaan mereka karena sang juara dunia tujuh kali bakal pindah ke Ferrari tahun depan.

Untuk livery anyar mobil W15, Silver Arrow -julukan Mercedes- kembali menggunakan warna perak, yang menjadi ciri khas mereka. Namun, warna perak itu hanya terdapat di bagian atas bodi mobil saja, yang memanjang dari ujung sayap depan hingga ke tempat duduk pembalap.

Selebihnya, warna hitam, yang digunakan pada livery tahun lalu, masih mendominasi bagian samping mobil hingga ke sayap belakang. Corak warna hijau tosca khas sponsor utama mereka, Petronas, pun turut menghiasinya dengan sedikit sentuhan warna merah di bagian penutup mesin.

Livery tersebut berbeda dengan apa yang mereka hadirkan pada musim 2022 lalu. Kala itu, merek asal Jerman itu menggunakan warna perak di seluruh bagian mobil.

Mercedes sedang berusaha keras untuk bisa kembali bersaing dalam jalur perebutan gelar juara bersama Red Bull di F1 2024. Pasalnya, pada musim lalu mereka untuk kali pertama sejak 10 tahun terakhir gagal memenangkan satu pun balapan.

Bahkan, sudah tiga tahun Red Bull mendominasi di F1 setelah melengserkan takhta Mercedes pada 2021 silam. Padahal, sejak 2014 hingga 2020, tim yang bermarkas di Brackley itu mampu menjadi juara dunia tujuh kali berturut-turut.

Kepala Tim Mercedes, Toto Wolff, pun mengungkapkan bahwa timnya bertekad untuk bisa menyaingi Red Bull lagi di F1 2024. Dia benar-benar berharap banyak pada peningkatan performa mobil W15 yang sejauh ini menunjukkan perkembangan yang apik.

“Kami menjalani musim dingin yang sangat sibuk dan musim yang emosional di depan kami – ini akan menjadi musim terakhir kami bersama Lewis Hamilton dan kami memiliki banyak rencana untuknya,” kata Wolff dilansir dari Speedweek, Rabu (14/2/2024).

“Ketika Formula 1 beralih ke mobil sayap baru ini, kami tidak mengelolanya dengan ideal. Kami ingin menjadi pemburu Red Bull Racing pertama dan idealnya mengalahkan mereka. Kami ingin memberi Lewis dan George mobil yang bisa mereka pakai untuk bersaing dan lebih mudah dikendarai,” imbuhnya.

“Saya merasakan rasa optimisme di pabrik mobil balap. Di sini kita melihat seorang pembalap dengan aerodinamis segar dan juga banyak perubahan mekanis. Saya juga senang warna perak telah kembali,” pungkasnya

F1 2024 sendiri baru akan dimulai pada 29 Februari hingga 2 Maret mendatang. Grand Prix Bahrain bakal menjadi seri pembuka tahun ini.(Sumber)